Ini makanan penyebab sakit kepala

Ini makanan penyebab sakit kepala

sakit kepala -Ilustrasi (ist)

Jakarta (ANTARA News) - Bila Anda sering merasa pusing akibat sakit kepala, mungkin penyebabnya adalah makanan atau minuman yang Anda konsumsi, kata ahli saraf dari University of Texas Southwestern Medical Center, Deborah Friedman.

Friedman menyarankan, agar Anda membuat catatan harian mengenai apa saja yang telah Anda konsumsi dalam sehari, karena kemungkinan ada jenis makanan yang secara umum dapat menyebabkan sakit kepala.

Sebagaimana dilansir dari laman Health, makanan yang sudah lama diproduksi namun belum kadaluarsa seperti keju, buah kering, dan daging olahan, banyak mengandung tyramin.

Tyramin adalah senyawa kimia yang memicu pembuluh darah untuk menyempit kemudian membesar, sehingga memicu rasa sakit.

Pemanis buatan seperti aspartam juga dapat memicu rasa sakit di kepala. Meskipun para ahli belum dapat memastikan hal ini, tidak ada salahnya bila Anda kembali memeriksa daftar kandungan bahan makanan yang terdapat di dalam minuman bersoda dan sari buah kemasan.

Makanan yang mengandung bahan penyedap seperti Monosodium glutamate atau MSG, dapat memicu perubahan pada pembuluh darah vaskuler.

Hal ini memicu rasa sakit, sehingga lebih baik Anda menghindari makanan yang mengandung MSG.

Selain itu, minuman yang mengandung alkohol juga dapat memicu rasa sakit, karena anggur, bir dan minuman beralkohol lainnya juga mengandung tyramin.

Selain tyramin, minuman beralkohol juga mengandung asam sulfat, nitrat, dan bahan pengawet yang berkontribusi terhadap rasa sakit.
(M048)

Penerjemah:
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2012

Pembuatan keju yak angkat penduduk Tibet dari kemiskinan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar