Jakarta (ANTARA) - Peristiwa politik yang terjadi kemarin masih menarik disimak, mulai dari anggota DPRD DKI minta wewenang PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dalam mengelola Taman Ismail Marzuki (TIM) diatur kembali hingga permintaan audit semua kilang dan depo BBM karena kebakaran kilang Pertamina kerap terjadi.

Berikut rangkuman selengkapnya.

1. Anggota DPRD DKI minta wewenang JakPro diatur dalam mengelola TIM

Anggota DPRD DKI Jakarta Eneng Maliyanasari meminta Pemerintah Provinsi DKI untuk mengatur wewenang PT Jakarta Propertindo (Jakpro), dalam mengelola Taman Ismail Marzuki (TIM).

"Pemprov DKI harus mengkaji kembali Kewenangan Jakpro dalam mengelola TIM, yang tidak melulu berorientasi ke bisnis," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

2. Pengamat: Erick Thohir dapat dampak positif dari Piala Dunia U-20

Pengamat komunikasi politik dari dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga mengatakan Ketua Umum PSSI Erick Thohir meraih dampak positif dari dinamika Piala Dunia U-20.

Menurut dia, Erick Thohir tampaknya diuntungkan dalam kasus dibatalkannya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Sebab, Erick dinilai oleh sebagian masyarakat sudah berupaya maksimal untuk melobi FIFA agar tetap menjadi tuan rumah.

Selengkapnya klik di sini.

3. Polres Cirebon perbanyak tim urai di jalur arteri saat mudik Lebaran

Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota, Jawa Barat, memperbanyak tim urai di jalur arteri pantai utara (pantura) saat memasuki musim mudik Lebaran 2023, dikarenakan jalur tersebut rawan kepadatan.

"Personel tim urai kami perbanyak di jalur pantura dan arteri, termasuk pos pengamanan, dan pos pengaturan lalu lintas," kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota AKP Triyono Raharja di Cirebon, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

4. PAN tidak menampik wacana koalisi besar

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan tidak menampik wacana koalisi besar yang belakangan banyak dibicarakan.

Menurutnya, pembicaraan mengenai koalisi besar ini masih memiliki banyak waktu, termasuk soal pemilihan calon presiden (capres) yang akan diusung. Pernyataan tersebut disampaikan Zulhas usai acara silaturahmi bersama Presiden RI Joko Widodo dengan Ketum Partai Gerindra, Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selengkapnya klik di sini.

5. Komisi VII DPR desak Pertamina audit seluruh kilang dan depo BBM

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mendesak Pertamina untuk mengaudit seluruh kilang minyak dan depo BBM.

“Belum sebulan Depo Plumpang terbakar, sekarang ledakan terjadi lagi di Kilang Dumai," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, kejadian berulang itu, dapat diduga ada masalah sistemik dalam operasional Pertamina, yang harus dibenahi segera. Kejadian ledakan dan kebakaran itu terus berulang di berbagai tempat.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023