Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris menguat pada awal perdagangan Senin, dengan indeks FTSE 100 mencapai level tertinggi tiga minggu terangkat oleh raksasa minyak karena harga minyak mentah menguat menyusul penurunan produksi yang mengejutkan oleh OPEC+, sementara jaringan bioskop Cineworld mendekati rekor terendah karena gagal menemukan pembeli  di AS, Inggris dan Irlandia.

Perusahaan energi kelas berat Shell PLC dan BP PLC masing-masing melonjak lebih dari 4,0 persen karena harga minyak mentah melambung lebih dari 5,0 persen, menyusul penurunan produksi tak terduga selama akhir pekan oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya.

Sektor energi yang lebih luas terangkat 4,3 persen, menuju kenaikan harian terbesar dalam lebih dari empat bulan.

Indeks saham unggulan atau blue chips FTSE 100 yang berorientasi ekspor menguat 0,5 persen, memulai kuartal baru dengan kenaikan, karena pound sterling Inggris tergelincir. Sementara itu, indeks saham berkapitalisasi sedang atau mid caps FTSE 250 yang berorientasi domestik datar, pada pukul 07.21 GMT.

Cineworld Group PLS terjun 34,8 persen ke level terendah sejak akhir Agustus karena operator bioskop tersebut mengatakan telah menghentikan proses penjualan untuk bisnisnya di AS, Inggris, dan Irlandia dan telah mencapai kesepakatan bersyarat dengan pemberi pinjaman untuk keluar dari kebangkrutan.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023