Jakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memastikan ketersediaan uang tunai sebesar Rp69,48 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023.

Menurut siaran resmi, Rabu, jumlah tersebut naik 10 persen dari nominal yang disiapkan pada momen bulan suci dan Lebaran tahun lalu. Pembatasan mobilitas pada tahun ini sudah semakin longgar, sehingga kegiatan perekonomian serta konsumsi masyarakat menjelang Idul Fitri pun diperkirakan akan lebih besar dibandingkan dengan tahun lalu.

Sejalan dengan hal tersebut, BCA mengantisipasi adanya peningkatan transaksi dengan mempersiapkan sejumlah layanan yang dapat mempermudah nasabah.

Selain ketersediaan uang tunai, BCA juga memastikan kebutuhan nasabah untuk menukarkan uang terpenuhi. Di wilayah Jabodetabek, BCA memfasilitasi nasabah dengan layanan penukaran uang di 46 Kantor Cabang Utama (KCU), satu mobil kas keliling di area Masjid Istiqlal mulai 3 hingga 14 April 2023, serta di Rest Area KM 57 Tol Jakarta Cikampek pada 17 hingga 19 April 2023.

"Kami harap kesiapan BCA dalam memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadan dapat mendukung perputaran uang di masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan nasional," ucap Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja.

Selama bulan suci Ramadan 1444 H, BCA juga melakukan penyesuaian jam operasional kantor cabang hingga pukul 14.30 waktu setempat. Kendati demikian, BCA tetap melayani kebutuhan transaksi nasabah selama 24 jam melalui layanan digital yang tersedia di aplikasi myBCA, BCA mobile, internet banking KlikBCA, hingga jaringan ATM Setor-Tarik BCA.

Baca juga: BSI siapkan uang tunai Rp37,6 triliun untuk Lebaran 2023

Baca juga: OJK Sultra minta masyarakat tak pakai pinjol untuk berbagi uang THR

Baca juga: Sambut Lebaran, BRI Sediakan Uang Tunai Rp32Triliun


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023