setiap hari ada kegiatan donor darah sukarela selesai shalat tarawih
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jember, Jawa Timur mendapatkan sebanyak 1.359 kantong darah dalam kegiatan keliling donor darah di sejumlah masjid hingga pertengahan Ramadhan 1444 Hijriah.

"Stok darah di ruang penyimpanan Unit Donor Darah (UDD) PMI Jember mencapai 1.359 kantong dan jumlah itu dipastikan akan bertambah karena setiap hari ada kegiatan donor darah sukarela selesai shalat tarawih," kata Sekretaris PMI Kabupaten Jember Zainollah Ahmad di Kantor PMI setempat, Kamis.

Menurutnya perkembangan perolehan darah hingga 6 April 2023 atau memasuki pertengahan Ramadhan tercatat kegiatan semarak Ramadhan Jember Berbagi berhasil menghimpun 100 kantong dengan rincian golongan darah A = 26 kantong, B = 28 kantong, O = 41 kantong dan golongan darah AB = 5 kantong.

Sedangkan kegiatan Mobile Unit di halaman parkir di depan masjid Jami Baitul Amin berhasil menjaring 373 kantong dengan rincian golongan darah A sebanyak 81 kantong, B sebanyak 103 Kantong, O sebanyak 159 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 30 kantong.

"Untuk kegiatan donor darah sesuai Mobile Unit jadwal rutin berhasil memperoleh 598 kantong dengan rinciannya untuk golongan darah A sebanyak 125 kantong, B sebanyak 216 kantong, O sebanyak 214 kantong dan AB sebanyak 43 kantong," katanya.

Baca juga: PMI gandeng Majelis Ta'lim gelar donor darah di Ramadhan
Baca juga: PMI Pamekasan lakukan donor darah malam hari selama Ramadhan

Kegiatan donor darah di dalam gedung UDD dan Klinik Pratama PMI di Jubung total perolehannya sebanyak 288 kantong dengan rincian golongan darah A sebanyak 69 kantong, B sebanyak 86 kantong, O sebanyak 111 kantong dan AB sebanyak 22 kantong.

"Sedangkan data pendonor yang tertolak atau tidak lolos skrining juga cukup tinggi sebanyak 782 orang, padahal ratusan orang itu antusias untuk mendonorkan darahnya," ujarnya.

Kendati demikian, jumlah kantong darah yang dihimpun selama pertengahan Ramadhan 1444 Hijriah menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 2.305 kantong pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: MTF dan PMI kolaborasi tingkatkan minat donor darah kaum muda

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023