tidak ada satupun makanan dan minuman yang dijual selama bulan Ramadhan ini mengandung bahan berbahaya,
Meulaboh (ANTARA) - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Provinsi Aceh memastikan penganan berbuka puasa yang dijual oleh pedagang di Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat dipastikan aman dikonsumsi.

“Alhamdulillah, dari 26 sampel yang diambil dan diuji oleh BBPOM, aman untuk di konsumsi masyarakat. Tidak ada satupun makanan dan minuman yang dijual selama bulan Ramadhan ini mengandung bahan berbahaya,” kata Kepala BBPOM Aceh, Yudi Noviandi di Meulaboh, Kamis.

Ia mengatakan, pengambilan sampel dilakukan di tiga titik lokasi pedagang di sekitar Kota Meulaboh, yang diduga berpotensi memakai bahan-bahan kimia berbahaya yang dilarang digunakan dalam olahan makanan maupun minuman.

Pengawasan yang dilakukan BBPOM Aceh bersama Pemkab Aceh Barat itu, terbagi dalam dua kategori, yakni pengawasan pada sarana distribusi pangan yang menyasar distributor pangan dan retail pangan di wilayah Kabupaten Aceh Barat untuk mengecek izin edar, kerusakan dan kedaluwarsa produk makanan.

Baca juga: BBPOM pastikan takjil Ramadhan di Banda Aceh aman konsumsi
Baca juga: BPOM : Jajanan takjil di Bengkulu aman dari bahan berbahaya

Pengawasan pangan jajanan Ramadhan (takjil) makanan dan minuman berbuka puasa, yang mengambil sampel di tiga titik lokasi ruas jalan Kota Meulaboh, yaitu di Jalan Nasional, Manek Roo, dan Gadjah Mada.

Yudi menjelaskan, sampel makanan dan minuman tersebut kemudian dilakukan pengujian pada mobil laboratorium keliling milik BBPOM Aceh, dengan parameter uji identifikasi bahan berbahaya Boraks, Formalin, serta bahan pewarna Methanyl Yellow dan Rhodamin B.

Dari 26 sampel yang diuji, kata dia, tidak satu pun ditemukan pangan dengan kandungan bahan berbahaya maupun dilarang, sehingga layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.
Petugas BBPOM Aceh melakukan pemeriksaan sampel minuman dan makanan penganan berbuka puasa yang dijual oleh pedagang di ruas Jalan Gajah Mada, Meulaboh, Rabu (5/4/2023). ANTARA/Teuku Dedi Iskandar


Disamping itu, Yudi juga mengapresiasi Pj Bupati Aceh Barat Mahdi yang sangat fokus terhadap kesehatan masyarakat, khususnya selama bulan suci Ramadhan ini dan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang.

Pada kesempatan itu, petugas BBPOM Aceh juga memberikan informasi dan edukasi serta pembinaan teknis kepada para pedagang agar selalu menjaga keamanan dan mutu pangan terutama saat bulan suci Ramadhan.

Penjabat Bupati Aceh Barat, Mahdi kepada ANTARA mengatakan pemerintah daerah mendukung penuh BBPOM Aceh yang turun langsung ke Kabupaten Aceh Barat, untuk melakukan pengambilan sampel dan pengawasan terhadap makanan dan minuman yang dijual selama bulan suci Ramadhan ini.

"Kami ingin menjamin makanan dan minuman yang dijual kepada masyarakat selama Ramadhan ini bebas dari bahan-bahan berbahaya," kata Mahdi.

Ia juga mengimbau kepada para pedagang agar berhati-hati dan tetap menjaga kualitas gizi dalam setiap barang dagangan yang dijajakan kepada masyarakat.

Baca juga: BPOM pastikan takjil di pasar pabukoan Pariaman aman konsumsi

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023