Jakarta (ANTARA) - Petenis peringkat 25 teratas masuk dalam daftar entri awal untuk Mutua Madrid Open 2023, ajang WTA 1000 pertama tahun ini di lapangan tanah liat, dengan sang juara bertahan Ons Jabeur, peringkat satu dunia Iga Swiatek, dan Aryna Sabalenka memimpin daftar tersebut.

Undian utama akan dilakukan di La Caja Mágica, ibukota Spanyol, pada 25 April. Turnamen yang akan berlangsung selama dua pekan dan merupakan acara gabungan dengan ATP 1000 itu akan mencapai puncaknya pada 6 Mei untuk final tunggal putri dan final ganda putri pada 7 Mei.

Dikutip dari laman resmi WTA, Jumat, peringkat satu dunia Iga Swiatek berada di urutan teratas daftar pemain. Dia mengincar salah satu gelar WTA 1000 yang belum pernah dia menangi. Di tengah 37 kemenangan beruntunnya tahun lalu, Swiatek harus mundur dari Madrid karena pemulihan bahu kanan.

Tepat di belakang Swiatek ada petenis nomor dua dunia Aryna Sabalenka, juara Madrid 2021. Sabalenka saat ini memimpin WTA Final 2023. Pada Januari, dia memenangi Australian Open yang menjadi gelar Grand Slam pertamanya.

Baca juga: Swiatek nilai tenis lewatkan kesempatan larang Rusia dan Belarusia

Juara bertahan Ons Jabeur, peringkat lima dunia, dan runner-up yang saat ini berada di peringkat tiga Jessica Pegula juga masuk dalam daftar. Sementara itu, peringkat empat Caroline Garcia melengkapi daftar lima petenis teratas yang akan tampil di lapangan tanah liat tersebut.

Sisanya, 10 pemain teratas pekan ini juga turut bergabung, yakni peringkat enam Coco Gauff, peringkat tujuh Elena Rybakina, peringkat delapan Daria Kasatkina, peringkat sembilanMaria Sakkari, dan peringkat 10 Petra Kvitova.

Kvitova yang berusia 33 tahun bangkit kembali setelah menjuarai ajang WTA 1000 di Miami. Dia memegang rekor tunggal putri Mutua Madrid Open terbanyak. Dia memenangi turnamen tersebut pada 2011, 2015, dan 2018.

Mantan petenis nomor satu dunia Victoria Azarenka menjadi salah satu peserta yang tercatat pernah mencapai final di Madrid. Azarenka yang saat ini menduduki peringkat 18 dunia, finis sebagai runner-up pada 2011 dan 2012, masing-masing kalah dari Kvitova dan Serena Williams.

Di antara juara Grand Slam lainnya yang masuk dalam daftar entri adalah Barbora Krejcikova, Emma Raducanu, Sofia Kenin, Jelena Ostapenko, dan Sloane Stephens.

Baca juga: Alcaraz mundur dari Monte Carlo Masters karena cedera
Baca juga: Nadal lewatkan turnamen pemanasan French Open di Monte Carlo

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023