Ruas jalan yang kami perbaiki tersebut adalah yang menjadi tanggung jawab dan kewenangan DPU Kabupaten Sukabumi
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mempercepat perbaikan sejumlah ruas jalan khususnya jalur utama mudik, jalur alternatif mudik dan jalur wisata, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.
 
"Ruas jalan yang kami perbaiki tersebut adalah yang menjadi tanggung jawab dan kewenangan DPU Kabupaten Sukabumi atau berstatus jalan milik Kabupaten Sukabumi," kata Kepala DPU Kabupaten Sukabumi Asep Japar di Sukabumi pada Jumat.
 
Menurut Asep, perbaikan jalan tersebut merupakan salah satu layanan yang diberikan pihaknya kepada warga, pemudik maupun wisatawan agar nyaman saat melintas di jalur utama mudik, alternatif mudik maupun jalur wisata.
 
Menurut dia, sebenarnya jalan yang berstatus milik Kabupaten Sukabumi saat ini dalam kondisi memadai atau layak digunakan ketika arus mudik tiba karena perbaikan dan perawatan jalan dilakukan secara rutin oleh pihaknya.
 
Perbaikan jalan ini sebagai antisipasi DPU Kabupaten Sukabumi ketika musim mudik tiba, di mana ruas jalan nasional ataupun provinsi sering padat dilalui kendaraan yang masuk dari luar Kabupaten Sukabumi.

Baca juga: Jawa Barat telah berikan bantuan Rp244 miliar untuk Kota Sukabumi

Baca juga: Pembangunan Jalan Lingkar Utara Sukabumi menopang ekonomi-agrowisata
 
Biasanya untuk mengurai kepadatan lalu lintas, petugas mengalihkan sebagian kendaraan untuk melalui jalur alternatif kabupaten. Maka dari itu, pihaknya terus menggeber proses perbaikan jalan yang diharapkan bisa selesai sebelum musim mudik lebaran tiba.
 
Adapun yang menjadi prioritas perbaikan adalah jalan alternatif, jalur mudik dan wisata. Seperti memperbaiki jalan- jalan berlubang dan amblas, dengan demikian dipastikan banyak perbaikan jalan menjelang lebaran nanti ini bertujuan agar jalan yang digunakan layak dan baik serta mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas.
 
"Kami meminta maaf kepada masyarakat khususnya pengendara yang dalam beberapa hari ini perjalanannya terganggu dengan adanya perbaikan jalan di sejumlah ruas. Ini pun dilakukan untuk kepentingan masyarakat agar saat mudik atau berwisata jalan yang dilalui mulus," tambahnya.
 
Asep mengimbau warga untuk mendukung perbaikan jalan ini, meskipun dalam pelaksanaannya arus lalu lintas menjadi terganggu, namun hanya sementara.

Ia menyebutkan DPU Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan demi kenyamanan masyarakat atau pengendara dalam perjalanan baik menuju tempat mudik maupun wisata.

Baca juga: Bupati Sukabumi optimistis KEK Lido bawa ekonomi daerah lebih melesat

Baca juga: Pedagang:Ikan tongkol laris dibeli masyarakat Sukabumi selama Ramadhan

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023