Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan produk perawatan tubuh PT. Unilever Indonesia melalui salah satu jenamanya Pepsodent Herbal, kembali mempersembahkan program tahunan “Pepsodent Sahur Amal” untuk mengajak umat Islam berbagi senyum kebahagiaan bersama anak-anak yatim piatu di berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagai upaya untuk memperluas manfaat dari program ini, Unilever bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam program Pepsodent Sahur Amal mendukung Badan Pengelola Masjid Istiqlal untuk memberikan santunan kepada 1.000 anak yatim piatu dari wilayah Jabodetabek.

"Pepsodent berkomitmen menyebarkan ‘Senyum Indonesia’ di seluruh penjuru tanah air melalui inovasi produk berkualitas, program edukasi kesehatan gigi dan mulut, serta program-program lainnya. Komitmen ini kami lakukan dalam setiap kesempatan, termasuk bulan Ramadhan," ucap Direktur Personal Care Unilever Indonesia Ainul Yaqin, di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Peringati WOHD, Pepsodent ajak masyarakat konsultasi ke dokter gigi

Program ini menyusul dengan bertambahnya anak yatim piatu di Indonesia karena kehilangan orang tua saat pandemi. Menurut data Baznas selain berkurangnya jumlah donatur, setidaknya 35.000 anak memenuhi panti asuhan sehingga kini semakin padat.

Hal ini menjadi tanggung jawab pemilik panti asuhan untuk memastikan seluruh anak asuhnya dapat sehat dan bisa menjalankan puasa dengan lancar, termasuk dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

"Kami melihat bahwa waktu sahur juga menjadi kesempatan baik untuk mengedukasi mereka tentang kebiasaan menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan tepat, di mana saat berpuasa menyikat gigi dianjurkan dilakukan setelah santap sahur dan sebelum tidur malam," kata Yaqin.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. Nasaruddin Umar, M.A mengatakan berbagi dengan anak yatim di bulan Ramadhan akan menjadi amalan yang semakin bermakna dan melindungi diri dari musibah.

Baca juga: Ratusan siswa SD Jabodetabek sikat gigi bersama di peringatan HKGN

"Selain melindungi diri dari musibah dan memperluas datangnya rezeki, Rasulullah SAW menjanjikan bahwa mereka yang berbagi dengan anak yatim piatu akan menjadi sahabat beliau di akhirat kelak. Jadi, memberi santunan dan perlindungan kepada anak-anak yatim piatu sangat dianjurkan," jelas Nasaruddin.

Melalui Program Sahur Amal ini, dari setiap pembelian Pepsodent Herbal kemasan khusus, sebanyak 2,5 persen dari keuntungannya akan didonasikan menjadi 70.000 paket sahur yang didistribusikan ke ratusan panti asuhan dan sesama yang membutuhkan di berbagai wilayah Indonesia, sambil menyebarluaskan edukasi kesehatan gigi dan mulut dengan cara yang menyenangkan

Dari sisi inovasi, Pepsodent Herbal dengan kandungan daun sirih sebagai bahan antibakteri yang melawan bakteri penyebab bau mulut, jeruk nipis yang memberikan sensasi dingin dan nafas segar, serta garam sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi mulut, yaitu membantu merawat kesehatan gigi dan mulut dan menjaga nafas senantiasa segar selama 18 jam sehingga umat Islam dapat terus memancarkan senyum sehat dan segarnya, meskipun seharian berpuasa.

Baca juga: Tersenyumlah bila ingin awet muda

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023