Selamat ya Leo...Kamu memang hebat"
Madrid  (ANTARA News) - Lionel Messi menegaskan bahwa rekor 86 golnya selama 2012 tidak akan berarti apa-apa jika Barcelona gagal meraih trofi juara La Liga dan Liga Champions.

Bintang asal Argentina ini telah menuliskan namanya dalam catatan sejarah setelah melampaui rekor yang dicetak legenda Jerman Gerd Mueller pada 1972 dengan 85 gol selama satu tahun kalender penuh, lewat dua golnya yang mengantarkan timnya meraih kemenangan penting 2-1 dari  Real Betis.

Namun  pemain berusia 25 tahun ini mengaku akan lebih bahagia lagi jika bisa mengantarkan timnya mencatat sukses ganda di liga domestik dan Liga Champions ketimbang rekor yang baru saja dicetaknya itu.

"Saya bilang ini rekor itu sudah banyak, bagus-bagus saja mencetak rekor itu namun memenangkan tim dan (membuat) perbedaan poin di puncak klasemen adalah yang paling penting," kata Messi begitu Barcelona memperlebar selisih poin menjadi enam dari peringkat dua klasemen Atletico Madrid dan 11 poin dari Real Madrid.

"Gol-gol saya adalah untuk mengantarkan tim juara, Liga Spanyol, Piala Spanyol atau Liga Champions lebih penting ketimbang rekor pribadi apapun."

Tak butuh waktu lama bagi Messi untuk menyamai rekor Mueller begitu dia melakukan serangan pada menit 16 di Seville.  Dia awali tusukan diagonal melewati barisan pertahanan Betis, dia kemudian melepaskan tendangan kaki kiri ke sudut kanan gawang Betis.

Gerakan bersejarahnya muncul sembilan menit kemudian manakala dia menerobos ruang bagus hasil pergerakan cantik Adriano dan Andres Iniesta.

"Tujuan saya sejak awal musim ini adalah memenangi juara La Liga," sambung  Messi yang tampaknya akan memenangi Ballon d'Or lagi untuk keempat kalinya berturut-turut.

Untuk gelar ini dia akan mendapat saingan dari rekan setimnya  Iniesta, selain dari pesaingnya asal Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

"Jika Iniesta menang, itu sangat pantas karena sumbangsihnya selama ini, berkat cara dia bermain," kata Messi seperti dikutip AFP.

Pelatih Barca Tito Vilanova memasang formasi lebih menyerang dengan memasang Messi yang kini mencetak 74 gol pada semua kompetisi bersama Barcelona selama tahun ini, ditambah 12 gol kala memperkuat Argentina, dengan total bermain 66 kali.

Selama musim ini sendiri dia sudah mencetak 23 gol, dan dia bisa menambah lagi tahun ini mengingat masih ada tiga pertandingan yang akan dijalani Barca pada 2012, yaitu laga La Liga melawan Atletico Madrid dan Valladolid, ditambah laga pada Piala Spanyol di Cordoba nanti.

"Tampaknya mustahil menciptakan begitu banyak gol, mari kita berharap dia bisa menambah lagi pada rekornya dalam pertandingan-pertandingan mendatang," kata Vilanova.

"Dia masih muda dan memberi kami begitu banyak, bahkan malam ini dia mencegah kami defensif ketika kami memerlukannya, dia punya banyak kualitas ketimbang sekadar gol."

Namun Vilanova dengan cepat menepis eforia yang menyelimuti sang bintang.

"Kami tak boleh menimpakan beban terlalu banyak padanya. Rekornya tahun ini sungguh brutal.  Mari kita nikmati momen ini dan tidak fokus pada berapa banyak gol yang mungkin dia ciptakan nanti," sambung sang pelatih seperti dikutip AFP.

Direktur olahraga Barca, Andoni Zubizarreta, senang dengan pencapaian Messi ini.  "Saya kira rekor dia akan lebih dinilai di masa depan, saat ini memang satu gol lebih banyak, tapi dia tampaknya mencapai itu dengan mudah, sulit sekali mengukur talentanya."

Musim lalu, Messi menjadi pencetak gol paling sukses di La Liga dengan menciptakan 50 gol.  Dia juga telah melampaui rekor gol Barcelona dengan melewati angka 232 yang diciptakan Cesar Rodriguez pada 1940-an dan 1950-an.

Dia juga menyamai rekor gol terbanyak di Liga Champions dengan 14 gol.  Hebatnya lagi dia merasa tak pernah memikirkan sebelumnya bakal melampaui rekor yang dibuat Mueller.

Rekan-rekan setimnya menyelamatinya melalui Twitter.

"Sungguh laga yang luar biasa! Selamat buat Leo karena telah melewati rekor," tulis kiper  Victor Valdes seperti dikutip AFP. Sementara  Iniesta mentwit: "Selamat ya Leo...Kamu memang hebat".

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012