Jakarta (ANTARA) - Raksasa mesin pencari asal China, Baidu, telah mengajukan gugatan terhadap pengembang aplikasi "relevan" dan Apple Inc terkait salinan palsu dari aplikasi Ernie bot yang tersedia di toko aplikasi Apple.

Ernie bot yang ditenagai oleh kecerdasan buatan, yang diluncurkan bulan lalu, telah dianggap sebagai jawaban terdekat China terhadap chatbot ChatGPT yang dikembangkan oleh AS.

Baidu mengatakan telah mengajukan gugatan di Pengadilan Rakyat Haidian Beijing terhadap para pengembang di balik aplikasi palsu dari Ernie bot dan perusahaan Apple.

"Saat ini, Ernie tidak memiliki aplikasi resmi," kata Baidu dalam pernyataan yang diterbitkan di akun WeChat resmi "Baidu AI" pada Jumat malam.

Baca juga: Baidu China batalkan peluncuran publik untuk produk mirip ChatGPT

Baidu juga mengunggah foto dokumen gugatannya.

"Sampai ada pengumuman resmi dari perusahaan kami, setiap aplikasi Ernie yang Anda temui di App Store atau toko lainnya adalah palsu," kata pernyataan tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Apple belum memberi merespons atas permintaan tanggapan. 

Dari hasil pencarian Reuters pada hari Sabtu menemukan bahwa masih ada setidaknya empat aplikasi dengan nama berbahasa China dari Ernie bot di App Store Apple, dan semuanya palsu.

Ernie bot hanya tersedia untuk pengguna yang mengajukan permohonan dan menerima kode akses.

Dalam pernyataannya, Baidu juga memperingatkan agar tidak ada orang yang menjual kode akses tersebut. Demikian disiarkan Reuters, Sabtu (8/4).

Baca juga: Baidu akan luncurkan bot mirip ChatGPT, ERNIE Bot

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023