Nuzulul Quran adalah momentum dan kesempatan untuk menebar harapan, kebaikan, dan manfaat,
Jakarta (ANTARA) - Ketua ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia) Prof. Dr. Arif Satria menyebutkan Nuzulul Quran adalah momen untuk menebar manfaat, salah satunya dengan penguatan sumber daya manusia.
 
"Nuzulul Quran adalah momentum dan kesempatan untuk menebar harapan, kebaikan, dan manfaat," kata Arif dalam acara peringatan Nuzulul Quran yang diadakan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu.
 
Arif mengatakan sebelumnya ICMI mengadakan pelatihan literasi dan teknologi untuk para dai di berbagai daerah di Indonesia dengan tujuan agar para dai bisa bertahan di era modern.
 
Selain itu, penguatan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan menjadi fokus yang dilakukan ICMI agar bisa memberi manfaat bagi setiap kalangan di Indonesia.
 
Dengan memperkuat sumber daya manusia, ICMI mendorong dan mensukseskan cita-cita pendiri ICMI B.J. Habibie untuk menciptakan sumber daya manusia yang beriman, berpikir, berkarya, dan bekerja.
 
"Kedepannya kita akan meresmikan pendidikan komunitas untuk memperkuat sumber daya manusia di berbagai bidang," kata Rektor Institut Pertanian Bogor tersebut.
 
Langkah tersebut diambil setelah ICMI menemukan terdapat 62 persen lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tidak dapat meneruskan pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi.
 
Maka dari itu, pada 14 April mendatang pihaknya akan meresmikan lembaga pendidikan setingkat Diploma Satu di Payakumbuh, Sumatera Barat dengan bidang peternakan.
 
Arif berharap setelah lulus dari Perguruan Tinggi tersebut alumninya akan bisa diterima di industri terkait dan bahkan menjadi pengusaha yang bisa memberdayakan sumber daya manusia lainnya.
 
"Kita mencoba meneladani fungsi menginspirasi dan bertransformasi seperti Rasulullah yang berdakwah sambil memberdayakan umat Islam," kata Arif.


Baca juga: Masjid Istiqlal jadikan Nuzulul Quran momentum untuk saling kolaborasi
Baca juga: Pj Gubernur ajak masyarakat Aceh amalkan Al Quran dalam kehidupan

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023