Ada 391 titik dan lokasinya kita akan koordinasi dengan Wali Kota
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menyebar 391 titik baca di daerah itu pada tahun ini meningkatkan literasi warga.

"Ada 391 titik dan lokasinya kita akan koordinasi dengan Wali Kota. Selanjutnya Pak Wali kan instruksikan camat dan lurah untuk tentukan posisi tepatnya," kata Kepala Suku Dinas (Kasudin) Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Barat, Ahmad Jazuri, saat ditemui di Jakarta Barat, Senin.

Penyebaran titik baca tersebut untuk memudahkan warga setempat dalam mengakses buku sehingga minat baca tinggi.

Maka dari itu, katanya, pihaknya akan menempatkan titik baca di wilayah yang mudah dijangkau publik seperti puskesmas, taman kota dan fasilitas umum lainnya.

Titik yang disebar berupa kode batang (barcode) sehingga bisa diakses melalui telepon pintar warga.

Baca juga: Taman Literasi Martha Tiahahu jadi pilihan ngabuburit selama Ramadhan
Baca juga: Jakarta Barat bangun Pojok Baca di lahan milik pemerintah Kebon Jeruk


"Nantinya setelah mengakses 'barcode' tersebut, warga bisa menikmati 200 buku koleksi Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Barat," katanya.

Ia merinci, beragam buku disajikan dari mulai buku cerita untuk anak-anak hingga tata cara memasak untuk para ibu rumah tangga.

Menurut Jazuri, sejauh ini, tingkat literasi warga Jakarta Barat terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan jumlah penduduknya.

Hal tersebut disebabkan oleh sulitnya akses mendapatkan buku dan fasilitas perpustakaan yang dirasa kurang menarik minat warga.

Ia menambahkan, dengan titik baca ini, diharapkan literasi warga Jakarta Barat meningkat sehingga sumber daya manusia di daerah itu menjadi berkualitas.

Baca juga: Pojok Literasi Cerdas terima ratusan buku dari sekolah
Baca juga: Satpol PP Jakarta Barat gelar program perpustakaan keliling

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023