persediaan BBM subsidi dan nonsubsidi, maupun LPG 3 kilogram menjelang lebaran ini aman
Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Danang Maharsa menyebutkan bahwa persediaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dan nonsubsidi maupun LPG 3 kilogram atau bersubsidi di wilayah itu menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H relatif aman.

"Berdasarkan monitoring yang kami lakukan, persediaan BBM subsidi dan nonsubsidi, maupun LPG 3 kilogram menjelang lebaran ini aman," kata Danang usai melakukan monitoring bersama Pertamina Yogyakarta di Sleman, Senin.

Menjelang perayaan Idul Fitri 1444 H, Pemerintah Kabupaten Sleman bersama PT Pertamina Patra Niaga Yogyakarta dan Hiswana Migas DIY melaksanakan monitoring ketersediaan BBM (bersubsidi/nonsubsidi) dan LPG 3 kilogram.

Pemantauan tersebut dilaksanakan di dua lokasi yaitu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Ambarketawang Gamping dan Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) PT Murni Makmur Sejahtera Gamping.

"Monitoring dan evaluasi ini bertujuan memberikan pengawasan dan pengendalian serta evaluasi terhadap kelancaran pendistribusian BBM bersubsidi/nonsubsidi dan LPG 3 kilogram agar persediaannya dapat mencukupi kebutuhan masyarakat terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H," katanya.

Baca juga: Pemkab Sleman raih lima penghargaan TOP BUMD Award 2023

Baca juga: Sleman targetkan satu juta kunjungan wisatawan selama Ramadhan-Lebaran


Danang mengatakan bahwa pengawasan ini menyasar kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengoordinasian, pengawasan serta pemantauan terhadap SPPBE, SPBU, agen LPG 3 kilogram dan pangkalan LPG 3 kilogram.

"Kegiatan monitoring kesiapan dan ketersediaan BBM dan LPG dilaksanakan setiap menjelang bulan Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, Natal, Tahun Baru dan hari besar keagamaan lainnya," katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Sleman  telah mengajukan tambahan kuota fakultatif ke PT Pertamina Patra Niaga untuk LPG 3 kg atau bersubsidi sebesar 5 persen yang akan ditambahkan ke agen dan pangkalan sebagai antisipasi apabila terjadi kekurangan LPG 3 kilogram menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Sales Branch Manager III Yogyakarta PT Pertamina Patra Niaga Dimas Aji mengatakan, pihaknya telah melakukan antisipasi untuk ketersediaan BBM di wilayah Yogyakarta.

Menurut dia, ketersediaan BBM telah disuplai dari Terminal BBM Rewulu dan Kilang Cilacap.

Sementara dari hasil pemantauan tersebut juga diperoleh data bahwa dari pengajuan kuota fakultatif sebesar 5 persen untuk LPG 3 kilogram saat ini baru terpakai 2 persen di wilayah Sleman.

Baca juga: Pemkab Sleman jamin stok BBM dan elpiji selama puasa hingga lebaran

Baca juga: Pemkab Sleman percepat penanaman benih padi dengan "rice transplanter"


Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023