Untuk pengawasan prokes bagi delegasi ASEAN Summit di Bandara Komodo Labuan Bajo akan dilakukan oleh Kemenkes dalam hal ini Ditjen P2P Kemenkes RI dan terkait ini akan dilaksanakan oleh KKP Labuan Bajo
Larantuka, NTT (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas IV Labuan Bajo siap melakukan pengawasan protokol kesehatan (prokes) bagi delegasi KTT ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Untuk pengawasan prokes bagi delegasi ASEAN Summit di Bandara Komodo Labuan Bajo akan dilakukan oleh Kemenkes dalam hal ini Ditjen P2P Kemenkes RI dan terkait ini akan dilaksanakan oleh KKP Labuan Bajo," kata Kepala KKP Kelas IV Labuan Bajo, Bernadinus Darma dari Labuan Bajo, Selasa.

Kegiatan internasional KTT ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit dijadwalkan berlangsung selama tiga hari yakni 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo.

Dalam kegiatan itu, KKP Labuan Bajo tidak hanya memastikan penerapan prokes semua tamu delegasi melainkan semua orang yang terlibat.

Beberapa hal yang menjadi pengawasan penting adalah vaksin dosis lengkap, dan tidak ada lagi pemeriksaan PCR di point of entry, kecuali bergejala untuk memastikan yang bersangkutan tidak terinfeksi.

Selanjutnya para tamu yang hadir bisa membawa hasil antigen/PCR dari negara asal untuk clearance (opsional).

"Seluruh individu tuan rumah yang terlibat di venue harus menerapkan prokes," kata Bernadinus.

Selain melakukan pengawasan prokes, KKP Labuan Bajo juga melakukan penyemprotan dan survei vektor seperti lalat dan kecoa.

Kegiatan survei vektor dan penyehatan lingkungan sendiri akan dilakukan bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat dan Direktorat SKK Ditjen P2P Kemenkes RI.

Untuk memperlancar pengawasan dalam kegiatan ASEAN Summit, KKP Labuan Bajo juga dibantu oleh KKP Kupang dan KKP Denpasar.

Pihaknya memastikan KKP Labuan Bajo siap bekerja dan berkolaborasi untuk menyukseskan penyelenggaraan ASEAN Summit di Labuan Bajo Mei mendatang.

"Kami siap melakukan pengawasan dalam kegiatan internasional ini," demikian Bernadinus Darma.

Baca juga: Kementerian Kesehatan menetapkan RS Komodo Labuan Bajo sebagai RS Rujukan KTT ASEAN

Baca juga: BPOLBF memastikan tidak ada penutupan kegiatan pariwisata selama KTT ASEAN

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan upaya koordinasi jelang KTT ASEAN

Baca juga: HIN meningkatkan pengawasan Hotel Meruorah Labuan Bajo dalam mendukung KTT ASEAN

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023