Kota Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyiapkan 40 hingga 50 posko kesehatan yang berada di 10 kabupaten dan kota di wilayah tersebut selama arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
"Untuk posko kesehatan selama arus mudik disiapkan sebanyak 40 sampai 50 posko, dimana setiap daerah memiliki lima posko mudik," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Kantor Gubernur Bengkulu, Rabu.

Baca juga: Posko vaksinasi COVID-19 disiapkan Dinkes Sumut selama arus mudik
 
Ia menyebutkan posko kesehatan tersebut akan diisi tim medis sebanyak enam orang yang dibagi dalam dua jam kerja. Selain itu, juga menyediakan vaksinator COVID-19 bagi masyarakat yang ingin melaksanakan vaksinasi dosis pertama, kedua, ketiga, dan keempat.
 
Pendirian posko kesehatan tersebut untuk membantu para pengendara saat melaksanakan aktivitas mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
Pendirian posko kesehatan tersebut, berada di setiap wilayah dan perbatasan Bengkulu dengan provinsi tetangga, seperti di Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur.
 
Selain menyediakan posko kesehatan selama arus mudik Idul Fitri, pihaknya juga meminta agar puskesmas yang berada di daerah lintas mudik agar tetap beroperasi.

Baca juga: Dishub Lampung: Posko Angkutan Lebaran beroperasi serentak 15 April

Baca juga: BPJS Kesehatan hadirkan posko mudik di jalur darat dan laut
 
"Kami juga meminta agar fasilitas kesehatan dapat disiagakan selama arus mudik Idul Fitri," ujar dia.
 
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu kembali mengusulkan penambahan vaksin COVID-19 jenis Pfizer ke pemerintah pusat sebanyak 10 ribu dosis.
 
Pengusulan tersebut dilakukan, karena sejak Maret 2023 ketersediaan vaksin COVID-19 di gudang vaksin Dinkes Provinsi Bengkulu mulai menipis.

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023