Untuk pengoperasiannya dilakukan secara situasional berdasarkan diskresi pihak kepolisian.
Purwakarta (ANTARA) - Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer siap dioperasikan pada musim mudik Lebaran tahun 2023 ini.

Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) Charles Lendra dalam keterangannya yang diterima di Purwakarta, Rabu, mengatakan jalur akan dioperasikan pada musim mudik Lebaran tahun ini untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas.

"Untuk pengoperasiannya dilakukan secara situasional berdasarkan diskresi pihak kepolisian," katanya.

Menurut dia, jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan dibuka atas diskresi pihak kepolisian, dan hanya bisa dilewati oleh kendaraan golongan I non-bus dan non-truk dengan aturan kecepatan maksimum 40 kilometer per jam.

Dia menyebutkan pada musim mudik Lebaran tahun ini akan terdapat dua opsi rute yang dapat dipilih pengguna jalan. Rute pertama yaitu SS Sadang hingga SS Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer.

“Dengan jarak 8,5 kilometer, pengguna jalan dapat menempuh jalur fungsional selama 10 menit dan keluar melalui Gerbang Tol Kutanegara serta melanjutkan perjalanan untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Jalan Industri sepanjang 27 kilometer via GT Karawang Barat 2 (tidak dapat mengakses Jalan Layang MBZ),” kata Charles.

Untuk rute kedua, PT JJS siap mengoperasikan fungsional SS Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer.

Dengan jarak 28,5 kilometer itu, pengguna jalan dapat menempuh jalur fungsional selama 40 menit dan keluar di akses Taman Mekar serta melanjutkan perjalanan melalui Jakan Pangkalan sejauh 16 kilometer untuk dapat masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Jakarta melalui GT Karawang Barat 2 (tidak dapat mengakses Jalan Layang MBZ).

Charles menyampaikan, jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan tidak dikenakan tarif.

Namun, ia merinci, pengguna jalan tetap akan membayar tarif tol Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari gerbang tol di Jalan Tol Padaleunyi, dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang Jalan Tol Cipularang.

Transaksi dengan tapping e-Toll ini akan dilakukan di GT Kutanegara yang berada di rute 1 atau di gerbang tol temporer yang berada di rute 2.

Menurut dia, dengan dioperasikannya Jalan Tol Japek II Selatan secara fungsional, jalur ini akan mendistribusikan volume lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di Susun (SS) Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Bandung yang melewati Jalan Tol Cipularang, serta arus lalu lintas dari arah Trans Jawa yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 
Baca juga: KNKT sebut infrastruktur Jalan Tol Japek II Selatan sudah bagus
Baca juga: Jasa Marga tingkatkan kapasitas lajur Tol Japek dukung mudik Lebaran

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023