Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan memfokuskan program pembangunan pemerintahannya dengan melakukan pembanguanan ekonomi desa-desa di wilayahnya pada 2013.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh mengatakan desa harus dibangun karena desa merupakan pusat tempat kekayaan alam berada yang dapat dikelola menjadi sumber pendapatan untuk meningkatkan ekonomi daerah.

"Tanpa desa yang maju dan berkembang melalui pembangunan sarana infrastruktur untuk pengelolaan kekayaan alamnya maka sulit bagi daerah untuk berkembang,"katanya.

Oleh karena itu ia mengtakan, pada 2013 mendatang pihaknya akan memaksimalkan pembangunan desa terutama pada sektor pertanian, peternakan dan perkebunan.

Menurut dia, program Gerakan Pembangunan Desa Mandiri berbasis Masyarakat (Bangun Mandar) akan menjadi program andalan pemerintah dalam melakukan pembangunan ditingkat desa.

"Program Bangun Mandar sudah bergulir sejak tahun anggaran 2010 dengan membidik 66 desa sasaran dan tahun ini kembali digulirkan dengan menyentuh sedikitnya 135 desa sasaran, program tersebut akan terus digulirkan hingga 660 desa di sulbar tersentuh program itu," katanya.
(MFH)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012