Palangka Raya (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) dan Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah (BI Kalteng) meningkatkan kerja sama pada program beasiswa Generasi Baru Indonesia (Genbi).

"Dukungan BI bagi UMPR merupakan bentuk nyata kepeduliannya terhadap pendidikan, sebab kami merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerima bantuan beasiswa melalui program yang dibina oleh BI, yaitu Genbi," kata Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf di Palangka Raya, Sabtu.

Dia mengatakan, Genbi melalui komunitas yang terdiri atas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia yang berada di bawah naungan bank tersebut.

Sesuai dengan visi program tersebut, Yusuf berharap melalui beasiswa itu kaum muda Indonesia termasuk di Kalimantan Tengah tumbuh menjadi generasi muda yang kompeten dalam berbagai bidang keilmuan, serta dapat membawa perubahan positif dan menjadi inspirasi bagi bangsa dan negara.

Baca juga: UMPR-Bank Kalteng bantu modal usaha mahasiswa

"Apalagi, melalui program tersebut, generasi muda yang berprestasi juga semakin berpeluang melanjutkan pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi. Kondisi ini juga memudahkan dan meringankan para orang tua memenuhi biaya perkuliahan anaknya," kata Yusuf.

Upaya optimalisasi kerja sama beasiswa tersebut juga telah dilaksanakan saat Rektor UMPR bersama jajaran pejabatnya mengunjungi Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kalteng di Jalan Diponegoro, Kota Palangka Raya.

Yusuf mengatakan, selama ini BI Kalteng sudah menjadi mitra yang tak terpisahkan dari universitas swasta terbesar di Kalimantan Tengah ini.

BI selaku bank sentral Indonesia juga berkomitmen memelihara kestabilan rupiah yang juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan.

Baca juga: UMPR-BKKBN Kalteng kolaborasi penanganan stunting

"Bank Indonesia sudah seperti branding bagi kampus, karena kami selalu menyebut BI sebagai mitra. Untuk itu, kami bersama para wakil rektor dan dekan UMPR menjalin silaturahim dengan Kepala BI Kalteng bersama jajarannya," kata dia.

Kepala BI Perwakilan Kalteng Taufik Saleh mengatakan Genbi merupakan salah satu bentuk kepedulian dan peran nyata dalam upaya memajukan pendidikan dan menjadikan pemuda Indonesia yang berkompeten dan berkarakter.

"Melalui program ini, mahasiswa dilatih mengembangkan diri, berkontribusi dalam masyarakat dan menjadi pribadi yang siap memimpin. Kami juga berharap mahasiswa semakin bisa mengembangkan potensi dan kemampuan diri, bermanfaat bagi masyarakat, bukan hanya mendapatkan IPK yang baik atau mengejar akademik saja," ujar Taufik.

Kunjungan UMPR ke BI Kalteng juga membuahkan kabar bagi para pelajar di pelosok yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi di Palangka Raya. Kabar itu adalah BI bersedia membantu calon mahasiswa berprestasi dengan memberikan tiket emas untuk mendapat beasiswa BI apabila ingin berkuliah di UMPR.

Baca juga: UMPR- BWS Kementerian PUPR kerja sama kelola sumber daya air

"Sebenarnya, para pelajar yang ada di pelosok itu memiliki potensi besar, hanya kurang percaya diri saja terkait biaya dan lokasi yang jauh," katanya.
 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023