Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) berupaya untuk meningkatkan kompetensi wasit di Tanah Air dengan memberikan beasiswa pelatihan perwasitan di Singapura.

Beasiswa tersebut diberikan menyusul adanya penyelenggaraan World Archery Asia (WAA) Seminar Continental Judges yang berlangsung di Negeri Singa pada 2–4 Juni.

"Kami mengundang wasit nasional dari seluruh daerah untuk mengikuti 2023 WAA Seminar Continental Judges Scholarship Program yang bertujuan untuk mendapatkan kandidat terbaik wasit Indonesia yang akan diberangkatkan ke Singapura," kata Sekretaris Jenderal PP Perpani Antonius Riva dalam laman resmi Perpani, Sabtu.

Baca juga: Perpani kirim 16 atlet ke Piala Dunia Panahan 2023 di Turki

PP Perpani telah menyelenggarakan seleksi internal dengan sejumlah persyaratan yang ditetapkan seperti telah dua tahun menjadi wasit nasional, lancar berbahasa Inggris, dan mengantongi rekomendasi dari Pengprov Perpani masing-masing.

Dari total 20 wasit nasional yang mendaftar, sebanyak 15 wasit nasional terpilih pada seleksi tahap awal yang bergulir pada 10-11 April.

Sesuai dengan jadwal mereka yang lolos tahap awal akan mengikuti pembekalan modul perwasitan internasional dan seleksi akhir pada 15–17 April.

"Dari 15 wasit nasional tersebut yang akan dikirim ke Singapura adalah 4 wasit nasional. Penilaian akan dilakukan sesuai dengan standar kriteria yang diminta WAA," pungkas Riva.

Baca juga: Wajah baru hiasi skuad pelatnas panahan untuk Asian Games 2023

Daftar wasit yang lolos tahap awal:
1. ILHAM MAULANA – Kepulauan Riau
2. DELLA ADISTY HANDAYANI – Jawa Timur
3. ARIE FACHMI NUGRAHA – Banten
4. RENO SAGITA – DKI Jakarta
5. IKA HERI SURYANTI – DI Yogyakarta
6. ARIE ARCERIA PRATAMA PUTRA – Jawa Barat
7. ARNISYA – DKI Jakarta
8. BANU FATAKUN CAHYO NUGROHO – DI Yogyakarta
9. ERMA REGITA SARI – Jawa Tengah
10. FAUZUL MUFLIH DARMAWAN – Jawa Tengah
11. ROCHMAD SIGIT SETIYONO – DKI Jakarta
12. ANDI KURNIAWAN PRATAMA – Jawa Barat
13. NOVI ANDRIYANTO – Jawa Barat
14. YOGA PRATAMA – Jawa Barat
15. ANANTA DWI WANDATAMA – Banten

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023