Jajaran kepolisian akan melakukan sterilisasi di setiap gereja yang ada di daerah ini sebelum perayaan natal nanti..."
Padang (ANTARA News) - Jajaran Kepolisian Resor Kota Padang, menyiapkan personel keamanan untuk mengamankan natal yang akan diperingati umat Kristiani pada 25 Desember 2012, salah satunya untuk sterilisasi di gereja-gereja daerah itu.

Kapolresta Padang Kombes Pol M Seno Putro di Padang, Selasa, mengatakan, untuk menyambut natal nanti, pihak kepolisian akan mempersiapkan personel keamanan demi kelancaran kegiatan keagamaan masyarakat tersebut.

"Jajaran kepolisian akan melakukan sterilisasi di setiap gereja yang ada di daerah ini sebelum perayaan natal nanti, dimana yang akan diturunkan adalah tim penjinak bom, selain adanya personel keamanan dari satuan lalu lintas, dan lainya juga akan disiagakan di beberapa titik saat perayaan tersebut, untuk melakukan pengawalan dan pengawasan, baik secara terbuka maupun tertutup." kata Seno.

Dia menambahkan, pengamanan perayaan natal tersebut untuk mengantisipasi adanya hal-hal tidak diinginkan, dan demi lancarnya kegiatan keagamaan masyarakat yang merayakannya.

Perseonel yang dilibatkan dalam pengamanan tersebut menurut pihak kepolisian setampat lebih kurang berjumalah 170 orang dari satuan lalulintas, sementara untuk personel dari penjinak bom untuk sterilisasi kegiatan keagamaan tersebut, akan disiagakan selama operasi lilin mulai dari H-7 hingga H+7.

"Sejumlah personil lalulintas tersebut akan di tugaskan di lokasi-lokasi yang diperkirakan akan rawan kemacetan, sehingga arus kendaraan selama operasi lilin akan berjalan lancar," jelasnya.

Selain menyiapkan personel dalam kegiatan pengamanan natal tersebut, atau operasi lilin, kepolisian setempat juga akan membuat beberapa pos pengamanan (Pospam), seperti persimpang Puja Sera, Kecamatan Padang Barat, Olo Ladang, Plaza Andalas, jalan Diponegoro, dan depan Hotel Bumi Minang, Kecamatan Padang Selatan.

"Pospam difungsikan untuk pengamanan bila terjadi kejahatan, masyarakat dengan mudah bisa melaporkan kejadian tersebut ke pos pengaman tersebut, seperti penjambretan dan lain sebagainya," ujar Seno.

Setiap Pospam menurut pihak kepolisian juga akan dijaga oleh beberapa personil kepolisian Kota Padang, dibantu oleh jajaran kepolisian dari Polda Sumbar.

Seno menjelaskan, dengan adanya sitem pengamanan demikian, semoga kegiatan keagamaan yang kemudian juga ada malam tahun baru beberapa hari setelah itu dapat berjalan dengan lancar dan kondusif di daerah ini.

"Kita selalu berupaya memberikan pengamanan semaksimal mungkin untuk ketenangan dan kenyamanan bagi umat yang sedang beribadah," tegasnya.

Selain itu, ia juga mengimbau peran masyarakat dalam membangun kondisi ketertiban dan kenyamanan dengan menjaga lingkungan sekitar setiap saat. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012