Kami melaksanakan pengamanan Lebaran 2023 dalam tugas pokok kami yaitu pengamanan di sektor kemaritiman, pesisir dan laut. Dalam hal ini Lanal Bengkulu turut berpartisipasi dalam mengamankan area maritim khususnya di Pelabuhan Bengkulu dan sekitarnya
Kota Bengkulu (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut Bengkulu (Lanal) menyiagakan personil 12 hingga 15 orang setiap harinya secara bergantian di wilayah Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu menjelang arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami melaksanakan pengamanan Lebaran 2023 dalam tugas pokok kami yaitu pengamanan di sektor kemaritiman, pesisir dan laut. Dalam hal ini Lanal Bengkulu turut berpartisipasi dalam mengamankan area maritim khususnya di Pelabuhan Bengkulu dan sekitarnya," kata Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S di Kota Bengkulu, Ahad.
 
Hal tersebut, kata dia, dilakukan guna memastikan keamanan maritim yang mencakup sektor pesisir dan laut yang merupakan bagian dari tugas pokok TNI AL sesuai amanat UU No. 34 Tahun 2004 tentang TNI.
 
Pengamanan tersebut dilakukan juga untuk membantu Kementerian Perhubungan dan Pelindo II dalam melaksanakan pengamanan mudik Lebaran terutama yang lewat laut.
 
Ia menjelaskan untuk tim yang bersiaga dalam pengamanan Pelabuhan meliputi tim rescue dan kapal TNI Angkatan Laut (KAL) serta Patroli keamanan Laut (Patkamla) yang bersiaga selama 24 jam.
 
"Penjagaan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat Bengkulu selama libur bersama Idul Fitri 1444 Hijriah," katanya.

Selain membantu pengamanan di area pelabuhan, kata Nyoman Gede Pradnyana A.S, Lanal Bengkulu juga bersinergi dengan Polda Bengkulu dalam memberikan bantuan pengamanan kepada pihak Polri di beberapa posko bersama pengamanan Idul Fitri yang ada di Bengkulu.
 
Selain Lanal Bengkulu, Badan Nasional Pencarian dan Penyelamatan (Basarnas) Bengkulu mengerahkan 62 personel dan menyiapkan enam posko Siaga Khusus lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah tepatnya pada 13 April hingga 03 Mei 2023.
 
Enam posko tersebut berada di kawasan Pantai Panjang, Bandara Fatmawati Soekarno, Pelabuhan Pulau Baai, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.
 
"Kegiatan Siaga SAR Khusus ini dilaksanakan selama 21 hari dimulai pada 13 April hingga 03 Mei 2023," demikian Kepala Basarnas Bengkulu, M. Arafah.


Baca juga: Lanal Bengkulu siapkan posko vaksinasi di dua terminal bus

Baca juga: Lanal kibarkan bendera merah putih di bawah laut Pulau Tikus Bengkulu

Baca juga: Kapal AL Mego II-2-15 Lanal Bengkulu tertibkan trawl

Baca juga: Lanal Bengkulu gelar ekspedisi Pulau Enggano

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023