Lewoleba (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan kota Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dari berbagai jenis sampah selama penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit, 9-11 Mei 2023.

"Mari kita bersama-sama menjaga agar kota ini menjadi tempat yang bersih dan nyaman untuk kegiatan internasional yang penting ini," kata Bupati Edistasius Endi di Labuan Bajo, Ahad.

Baca juga: Bupati Manggarai Barat harap ASEAN Summit beri dampak bagi warga lokal

Kegiatan ASEAN Summit dijadwalkan berlangsung selama tiga hari di beberapa venue seperti Hotel Meruorah Labuan Bajo, Hotel Ayana Labuan Bajo, dan Puncak Waringin.

Selama pelaksanaan kegiatan tersebut, Bupati Edi meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga: PT DLU siapkan armada pelayaran dukung pemerintah untuk ASEAN Summit

Warga diberikan edukasi agar mampu memilah sampah baik organik maupun anorganik dimulai dari rumah tangga masing-masing.

Tak hanya sampah di darat, dia mengimbau para pelaku wisata yang melakukan aktivitas di laut agar tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga: BPOLBF sebut ASEAN Summit jadi momen buka pasar pariwisata

Penanganan sampah di laut itu penting, katanya, khususnya dari sampah plastik yang masih banyak ditemui di setiap kegiatan bersih-bersih pantai dan laut.

Untuk mendukung ajakan menjaga kebersihan ini, pemerintah daerah telah menyiapkan kendaraan operasional baik roda dua dan roda enam untuk mengangkut sampah.

Baca juga: KKP Labuan Bajo awasi protokol kesehatan dalam acara ASEAN Summit

Para petugas kebersihan juga terus dioptimalkan dalam menjalankan tugas.

"Semua elemen masyarakat, baik pemerintah, swasta, dan masyarakat harus berkolaborasi dalam menjaga kota ini bersih dan nyaman bagi siapa saja yang berkunjung," ucapnya.

Baca juga: BPOLBF pastikan tidak ada penutupan kegiatan wisata saat ASEAN Summit
Baca juga: Pemkab Manggarai Barat dan pelaku usaha koordinasi jelang ASEAN Summit

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023