Masa ramai kunjungan Candi Borobudur selama 11 hari kami target setiap hari ada 30.000 hingga 35.000 wisatawan
Magelang (ANTARA) - Masa ramai kunjungan wisatawan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada libur Lebaran 2023, yakni 21 April hingga 1 Mei 2023 ditargetkan jumlah pengunjung sebanyak 350.000 orang.

"Masa ramai kunjungan Candi Borobudur selama 11 hari kami target setiap hari ada 30.000 hingga 35.000 wisatawan," kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Febrina Intan di Yogyakarta, Senin.

Ia menyampaikan hal tersebut usai pemaparan persiapan masa ramai kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko pada libur Lebaran 2023 di The Manohara Hotel Yogyakarta.

Ia menyampaikan pengunjung mulai meningkat biasanya pada Lebaran hari kedua. Pada Lebaran pertama biasanya untuk silaturahmi keluarga.

Menurut dia dengan target kunjungan wisatawan tersebut berarti naik sekitar 40 persen dari kunjungan ramai masa Lebaran tahun lalu.

Febrina menuturkan tidak ada pembatasan pengunjung di Candi Borobudur, tetapi yang ada pembatasan pengunjung naik candi, kuota setiap hari 1.200 orang.

Ia meminta pengunjung yang ingin naik monumen Candi Borobudur untuk melakukan registrasi secara "online" yang bisa dilakukan pada tujuh hari sebelum kunjungan.

"Kenapa pengunjung harus melakukan registrasi online karena untuk mengatur kuota pengunjung naik candi dalam rangka kajian. Jadi sekarang masih dalam kajian, tidak semua pengunjung bisa naik candi," katanya.

Ia menegaskan kalau kuota 1.200 wisatawan habis maka pengunjung tidak bisa naik ke atas candi.

"Oleh karena itu eksplorasi di luar struktur candi kami dorong sehingga pengunjung tidak terfokus pd candi," katanya.

Baca juga: TWC hadirkan "Spirit Heritage in Harmony" sambut libur Lebaran
Baca juga: PT TWC lakukan kajian lapangan terbuka kunjungan naik Candi Borobudur
Baca juga: PT TWC: perlu edukasi bagi wisatawan naik Candi Borobudur

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023