Jakarta (ANTARA) - Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) melalui Bidang BUMN Majelis Nasional KAHMI menggelar kegiatan mudik gratis ke sejumlah kota di Pulau Jawa dan Sumatera untuk para kader dan alumni HMI.

"Para kader HMI yang saat ini masih kuliah di sejumlah kampus di Jakarta dan sekitarnya sebelumnya banyak curhat tidak memiliki uang cukup untuk pulang kampung ke Solo, Malang, Palembang, Madura, dan sejumlah kota lain sehingga kami dari Bidang BUMN MN KAHMI berinisiatif memfasilitasi mudik mereka," kata Ketua Bidang BUMN MN KAHMI Achmad Baidowi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baidowi menyampaikan ratusan kader HMI yang mengikuti kegiatan mudik gratis itu merupakan mahasiswa yang berasal dari sejumlah kampus di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), seperti Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Indraprasta, dan Universitas Pamulang Tangerang Selatan.

Sementara itu, alumni HMI yang mengikuti kegiatan mudik tersebut merupakan mereka yang bekerja di wilayah Jabodetabek.

Baidowi berharap kegiatan mudik gratis itu bisa meningkatkan semangat kader dan alumni HMI saat kembali bekerja atau belajar pasca-Lebaran 2023.

"Kader-kader HMI ini adalah kader potensial pemimpin bangsa pada masa depan. Semangat mereka dalam belajar perlu didukung, termasuk dalam bentuk mudik gratis agar setelah kembali ke kampus habis mudik tambah bersemangat," ujarnya di sela pelepasan mudik bareng.

Dalam kesempatan yang sama, mantan Ketua Komisariat HMI Universitas Pamulang Syamsul Arifin menyatakan ratusan mahasiswa yang ikut mudik gratis itu pada umumnya memiliki dana terbatas untuk pulang ke kampung halamannya.

Bahkan, uang bulanan dari orang tua mereka pun sering tidak cukup untuk pengeluaran bulanan.

Oleh karena itu, Arifin mengapresiasi kegiatan mudik gratis tersebut. "Terima kasih kepada MN KAHMI yang memfasilitasi mudik agar kami bisa merayakan lebaran bersama keluarga di kampung," katanya.

Salah seorang alumni HMI Sri Herlina mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan ini sehingga dia bersama anak-anaknya bisa mudik gratis ke kampung halaman di Palembang, Sumatera Selatan.

"Alhamdulillah, kami bisa berlebaran di kampung," ujar dia.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023