bertugas pada malam takbiran mulai pukul 22.00 WIB sampai subuh
Purwakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jabar, akan menyebar ratusan petugas kebersihan untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah di sejumlah titik jalur protokol dan pusat perbelanjaan pada malam takbiran nanti.

"Petugas kebersihan akan siap siaga dengan segala peralatannya, untuk tetap menjaga kebersihan di malam takbiran nanti," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Selasa.

Ia menyampaikan, berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, saat menjelang lebaran seringkali terjadi peningkatan volume sampah. Karena itu, pihaknya akan menyiagakan petugasnya untuk mengantisipasi supaya tak ada penumpukan sampah. Terutama di sejumlah titik jalur protokol dan pusat perbelanjaan.

"Petugas kami sudah siap untuk disebar di beberapa tempat keramaian, terutama di jalur protokol yang menjadi titik konsentrasi warga," katanya.

Baca juga: Bandung turunkan 1.968 petugas kebersihan selama libur Lebaran
Baca juga: DKI siagakan 3.000 petugas kebersihan saat libur lebaran

Menurut dia, produksi sampah yang dihasilkan warga saat menjelang lebaran biasanya berbeda dari hari biasanya. Volume sampah akan meningkat pada saat takbiran dan lebaran nanti dengan perkiraan sekitar 2-3 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

"Biasanya pada malam takbiran hingga pagi menjelang shalat Ied terjadi peningkatan volume sampah. Ini yang kami antisipasi," kata dia.

Selain petugas penyapu, Pemkab Purwakarta juga akan menyiagakan petugas penyisir yang mengangkut sampah tersebut. Supaya, tak terjadi penumpukan di tempat pembuangan sementara.

"Secara khusus, para petugas kebersihan akan bertugas pada malam takbiran mulai pukul 22.00 WIB sampai subuh. Setelah itu, para petugas kebersihan beristirahat sebentar dan disambung lagi bekerja sekitar pukul 10.00 WIB sampai selesai," kata Anne.

Baca juga: Menaker serahkan paket Ramadhan untuk pengemudi-petugas kebersihan
Baca juga: 995 petugas kebersihan di Mataram terima bantuan Lebaran

Sementara untuk menyemangati para petugas kebersihan, Pemkab Purwakarta membagikan bingkisan kepada 450 petugas kebersihan yang nanti akan berjaga.

"Bertugas pada saat lebaran tentu sangat berat. Di saat orang lain sedang bersama anggota keluarganya, harus bekerja untuk menjalankan tugas negara yang mulia. Termasuk juga petugas keamanan, kesehatan dan petugas kebersihan," katanya.

Atas hal itu, Pemerintah Kabupaten Purwakarta memberikan paket sembako sebanyak 450 paket untuk para petugas kebersihan di lapangan yang bekerja saat lebaran.

"Diharapkan dengan adanya bantuan ini, para petugas kebersihan tetap menjaga semangatnya saat bertugas," kata dia. 

Baca juga: Pemkot Bogor kerahkan ASN bantu petugas kebersihan sapu jalan

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023