mengantisipasi gerakan-gerakan orang yang punya kepentingan khusus
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat mengantisipasi keamanan di Terminal Kalideres pada puncak mudik Lebaran yang diprediksi pada Rabu (19/4) dengan menambah personil keamanan.

Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Sarly Sollu memprediksi adanya peningkatan pemudik, sehingga pihaknya menyiapkan penambahan personel dari Polda Metro Jaya dan Korps Brimob.

"Yang terlibat sekitar 125 personel, baik itu dari Polres Metro Jakarta Barat sendiri maupun juga dari Polda, dari Brimob khususnya Samapta," kata Sarly.

Selain tugas pengamanan di lapangan, Polres Metro Jakarta Barat juga mengantisipasi dengan pengamanan tertutup.

"Kita mengantisipasi gerakan-gerakan orang yang punya kepentingan khusus, yang akan mungkin mengajarkan atau membuat onar. Dan itu kita dari pihak Polres sendiri untuk mendeteksi itu, sehingga kita bisa mencegah terutama antisipasi mungkin adanya teror bom dan sebagainya," kata dia.

Baca juga: KAI Daop 2 Bandung prediksi puncak mudik Lebaran 2023 pada 20-21 April
Baca juga: Pemudik dengan sepeda motor mulai memadati Pelabuhan Ciwandan

Polres Metro Jakarta Barat telah melakukan sosialisasi tentang layanan kehilangan barang di Terminal Kalideres, dan memastikan respon cepat untuk kepentingan pemudik.

Adapun untuk layanan pramudi, Polres Metro Jakarta Barat memastikan dari Unit Kesehatan dari Puskesmas Cengkareng dan Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan cek kesehatan dan cek urine sebelum mengantar pemudik.

Layanan di Terminal Kalideres juga meliputi posko vaksinasi COVID-19 dan posko cek kesehatan pemudik.

"Kita imbau masyarakat mudik dengan baik, kemudian mengamankan barangnya. Kemudian mengingatkan sopir yang mungkin ada niat ugal-ugalan bisa diingatkan," kata Sarly.

Baca juga: ASDP sediakan transportasi dari Stasiun Cilegon menuju Pelabuhan Merak
Baca juga: Program mudik gratis kurangi beban jalan dan minimalkan kecelakaan
 
Pemeriksaan kesehatan pramudi di Terminal Kalideres Jakarta, Selasa (18/4/2023). ANTARA/Devi Nindy

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023