Lampung Selatan (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengunjungi Pelabuhan Bakauheni, Lampung untuk memastikan kesiapan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Kami dari Mabes Polri mengunjungi Pelabuhan Bakauheni, untuk memastikan kesiapan kegiatan pengamanan yang dilangsungkan oleh Polda Lampung, guna mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik di Pelabuhan Bakauheni," kata Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, di Bakauheni, Rabu.

Ia mengatakan Polda Lampung ini sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi untuk pengamanan di pelabuhan ini.

"Polda Lampung ini sudah menyiapkan langkah-langkahnya baik itu saudara kita yang datang dari Pulau Jawa menuju Sumatera dan dari Sumatera ke Pulau Jawa, dan langkah sudah disiapkan yaitu sudah menyiapkan personelnya," katanya lagi.

Baca juga: Wakapolri: Kepadatan di Tol Trans Sumatera dan Tangerang-Merak normal

Baca juga: Wakapolri sebut penyekatan mudik telah dilakukan sesuai SOP


Dia menyampaikan pula, Polda Lampung sudah menyiapkan personel gabungan sebanyak kurang lebih 4.600 orang, yang terdiri dari Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya.

"Polda Lampung juga sudah menyiapkan sekitar 4.600 personel, baik itu dari kepolisian, TNI, dan instansi terkait lainnya," kata dia pula.

Selanjutnya, dia juga mengatakan selain personel yang disiapkan, pihaknya juga sudah menyiapkan 83 pos.

"Yang sudah disiapkan juga 83 pos dimana ada pos pelayanan, pos keamanan, dan pos terpadu yang disiapkan oleh Bapak Kapolda dan jajarannya," ujar dia pula.

Dia juga menyampaikan tidak hanya pengamanan di pelabuhan dan pos, tetapi pihaknya juga telah menyiapkan personel untuk melakukan pengawalan terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang melintasi jalur Lampung Selatan.

"Pemudik pengendara motor akan dikawal secara estafet sampai di daerah tujuannya," katanya pula.

Baca juga: Wakapolri pantau arus mudik di Pelabuhan Bakauheni

Baca juga: Wakapolri imbau masyarakat patuhi kebijakan pemerintah melarang mudik

 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023