Solo (ANTARA) -
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat membagikan zakat fitrah dan tunjangan hari raya (THR) kepada ratusan abdi dalem di keraton tersebut.
 
Pengageng Perentah Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Dipokusumo di sela pembagian zakat fitrah di Solo, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara di bulan Ramadhan yang diselenggarakan oleh Keraton Surakarta.
 
"Kami melakukan beberapa kegiatan, di antaranya malam selikuran, berkaitan dengan zakat fitrah di Masjid Agung, untuk masyarakat pada Selasa malam," katanya.

Baca juga: 1.000 abdi dalem Keraton Surakarta terima THR
 
Sedangkan khusus pada hari ini, katanya, penyelenggaraan zakat fitrah khusus untuk para abdi dalem yang selama ini mengabdi pada keraton.
 
"Ada Grebeg Idul Fitri juga. Untuk penyelenggaraan nanti menyesuaikan sidang isbat, tapi dari keraton ancer-ancer (perkiraan) tanggal 23 (April, Red)," katanya.
 
Ia mengatakan para abdi dalem yang mengikuti acara tersebut sekitar 400 orang. Mereka bukan hanya dari Solo Raya, tetapi juga dari daerah lain. "Ada yang dari Imogiri juga," ucapnya.
 
Untuk zakat fitrah tersebut, lanjutnya, setiap abdi dalem menerima sembako. Sedangkan THR diberikan ke beberapa abdi dalem yang sudah mengabdi dalam kurun waktu tertentu.
 
Salah satu abdi dalem, Suwarno mengatakan sudah menjadi abdi dalem sejak tahun 2004. Pria asal Kartasura, Kabupaten Sukoharjo tersebut setiap hari bekerja di bagian kebersihan.

Baca juga: Revitalisasi Keraton Surakarta akan dimulai dari Gerbang Gladak

Baca juga: Tingalan Jumenengan jadi kesempatan tamu kunjungi Keraton Surakarta
 
"Saya bagian pelataran, nyapu bon (kebun) darat. Setiap hari, liburnya hari Jumat," katanya.
 
Ia mengatakan awal masuk sebagai abdi dalem, karena menggantikan ayahnya yang meninggal dunia. "Ya senang bisa mengabdi pada keraton, saya nggak ada suka dukanya selama bekerja, hanya nyapu kok," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023