Kami mengimbau pada seluruh pemudik agar selalu berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas yang ada
Bandung (ANTARA) - Lalu lintas arus mudik di Kabupaten Bandung Barat (KBB) disebut hingga tanggal 20 April 2023 ini masih lancar, meski di beberapa titik persimpangan terpantau terjadi kepadatan.

"Alhamdulillah arus lalu lintas mudik di beberapa titik di Kabupaten Bandung Barat terpantau ramai lancar, meski sempat tersendat di beberapa titik persimpangan," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Ade Zakir usai meninjau kondisi lalu lintas melalui CCTV di ruang Command Centre Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Kamis.

Kabupaten Bandung Barat, kata Ade Zakir, merupakan salah satu daerah yang menjadi perlintasan utama arus mudik menjelang pelaksanaan Idul Fitri, mengingat daerah ini berada di jalur utama pertemuan arus lalu lintas dari beberapa daerah seperti dari Cianjur/Bogor maupun dari Jakarta dan Purwakarta, sehingga kerap terjadi kemacetan parah di beberapa titik.

Beberapa titik kemacetan, dijelaskan dia, biasanya terjadi di simpang Pasar Rajamandala Cipatat, simpang Pasar Tagog Padalarang, Simpang Gerbang Tol Padalarang, Simpang Cimareme dan beberapa titik di kawasan Lembang.

Baca juga: Polda Jabar: Puncak arus mudik jalur selatan sudah terlewati

"Kami mengimbau pada seluruh pemudik agar selalu berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas yang ada, di samping selalu menjaga keselamatan dan kesehatan, sehingga dapat merayakan hari raya dengan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman masing-masing," ucapnya.

Ade sendiri memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Dinas Perhubungan, Satpol PP dan dinas terkait lainnya yang senantiasa bekerja menjalankan tugas dan kewajibannya di tengah cuti lebaran tahun ini.

"Kami Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mengapresiasi positif seluruh jajaran Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan dan pemangku kepentingan atau stakeholder lainnya yang tetap semangat bekerja di saat pegawai lainnya tengah menjalankan cuti bersama lebaran. Semoga kerja keras menjadi salah satu amal kebaikan yang wajib diapresiasi lebih oleh Pemerintah Daerah," tuturnya.

Sementara itu, sebanyak 1.053 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, dan pemerintah daerah setempat diturunkan untuk mengawal jalannya periode mudik di Kabupaten Bandung Barat dan Cimahi, kata Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono.

Baca juga: 393.060 kendaraan tinggalkan Jakarta melalui GT Cikampek Utama

Pada Idul Fitri 1444 Hijriah, kata AKBP Aldi Subartono di Padalarang, Bandung Barat, Rabu, pihaknya melibatkan 1.053 personel gabungan TNI, Polri, dan pemangku kepentingan demi memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Jumlah personel tersebut disebar ke 10 pos yang disiapkan pihak kepolisian berkolaborasi dengan pihak lainnya.

"Jadi, kekuatan pengamanan Lebaran 2023 di wilayah hukum Polres Cimahi, kami mempersiapkan 10 pos yakni satu pos terpadu yang ada di Polres Cimahi, dua pos pelayanan, dan tujuh pos pengamanan dengan melibatkan 1.053 personel gabungan dan stakeholder terkait," ujar Aldi Subartono.

Baca juga: Wakapolri sebut arus mudik di jalur selatan Jabar mulai landai

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023