Jakarta (ANTARA News) - Gereja Katedral Jakarta menggunakan hiasan ornamen batik dalam merayakan Natal tahun ini.

Berdasarkan pantauan ANTARA dalam misa pertama Senin (24/12) pukul 17.00 WIB, terlihat ornamen Natal seperti bola dan kaus kaki Natal yang terbuat dari batik digantung di pohon Natal baik di dalam maupun bagian halaman gereja. Terdapat juga ornamen lain yang kental dengan budaya Indonesia yakni jerami kering dan ranting.

"Inkulturasi antara unsur batik ke dalam dekorasi natal diharapkan menjadi sumber inspirasi umat dalam gerakan mencintai dan melestarikan budaya bangsa sebagai wujud rasa syukur atas Allah yang telah mengasihi kita," demikian disampaikan dalam rilis pers yang dikeluarkan oleh Gereja Katedral Jakarta.

Tema Natal tahun ini adalah "Allah telah mengasihi kita" dimana umat selama satu bulan sebelum perayaan Natal 2012 diajak bersyukur akan rahmat yang telah diberikan kepadanya. Umat juga diajak untuk saling mengasihi sesamanya.

Sebelumnya Koordinator Panitia Natal Gereja Katedral Susiana Suwadie yang dihubungi ANTARA mengatakan panitia perayaan Natal 2012 di Gereja Katedral telah menyiapkan 900 kursi di dalam dan 2.800 kursi di halaman Gereja.

"Kami siap dengan 3.700 kursi untuk melaksanakan misa hingga hari Natal pada 25 Desember," katanya.

Sementara itu pihak kepolisian telah mengerahkan 146 personil untuk mengamankan perayaan Natal di sekitar Gereja Katedral. Selain petugas polisi, terdapat sekitar 70 petugas keamanan gereja yang ikut membantu pengamanan acara dibantu 20 personil dari organisasi masyarakat Citra Bhayangkari dan GP Anshor.

(A051/N001)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012