Total 20.689 penumpang itu terdiri atas penumpang berangkat sebanyak 13.115 dan yang tiba di bandara sebanyak 7.574 orang
Samarinda (ANTARA) - Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda mencatat pergerakan 20.689 penumpang selama arus mudik terhitung sejak tujuh hari sebelum lebaran (H-7) sampai H-1 Lebaran 2023, didominasi penumpang berangkat sebanyak 13.115 orang.

"Total 20.689 penumpang itu terdiri atas penumpang berangkat sebanyak 13.115 dan yang tiba di bandara sebanyak 7.574 orang," kata Kepala Seksi Teknik dan Operasi UPBU APT Pranoto Samarinda Dwi Muji di Samarinda, Jumat.

Ia menyebutkan arus mudik penumpang di Bandara APT Pranoto Samarinda sudah semakin padat di atas angka tiga ribu orang semenjak awal cuti bersama pada Rabu (19/4).

Pada Kamis (20/4) tercatat sebanyak 3.140, dengan jumlah penumpang yang berangkat 2.037 orang dan yang tiba di Bandara Samarinda 1.103 orang.

"Saat ini kondisi arus mudik melalui Bandara APT Pranoto penumpang cukup padat, didominasi pemudik yang berangkat, di antaranya rute ke Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta, serta penerbangan perintis," ucap Dwi Muji.

Baca juga: Bandara Samarinda menyiapkan tiga penerbangan tambahan

Baca juga: Pengelola Bandara Samarinda imbau penumpang gunakan "web check-in"


Lanjutnya, pada Jumat ini dijadwalkan ada 13 pesawat yang tiba dan 13 pesawat yang berangkat dari Bandara Samarinda, serta kemungkinan masih ada keberangkatan pesawat pada hari lebaran.

Ia menambahkan, untuk pelayanan di bandara berupa posko dan operasi ketupat masih berjalan aman dan lancar, berlanjut hingga 2 Mei 2023.

"Kepada para penumpang jangan lupa pakai masker, jangan membawa barang bagasi berlebihan serta belilah tiket pesawat di tempat yang resmi untuk menghindari penipuan," imbau Dwi Muji.

Baca juga: Pemprov Kaltim bangun jalan alternatif menuju Bandara Samarinda

Baca juga: Pemprov Kaltim dukung rencana pengembangan Bandara APT Pranoto

Pewarta: Gunawan Wibisono/Fandi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023