Kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas bandara kami...
Samarinda (ANTARA) - Bandara APT Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) terus mengembangkan fasilitasnya serta menambah rute penerbangan untuk meningkatkan kenyamanan dan pelayanan sebagai daya tarik bagi para penumpang.
 
"Salah satu fasilitas yang sudah ada adalah garbarata, yaitu jembatan penghubung antara terminal penumpang dan pesawat," kata Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Maeka Rindra Hariyanto diwakili Kepala Seksi Teknik dan Operasi Dwi Muji, di Samarinda, Jumat.
 
Ia mengatakan, garbarata berfungsi untuk memudahkan akses penumpang menuju gedung kedatangan penumpang, tanpa terganggu oleh cuaca hujan atau panas.
 
Garbarata ini difungsikan pada Januari 2024 dan kini dioperasikan sebanyak dua unit. UPBU APT Pranoto berharap dengan adanya fasilitas ini, para penumpang merasa lebih nyaman dan aman saat naik dan turun dari pesawat.
 
Selain garbarata, Bandara APT Pranoto Samarinda juga memiliki rencana untuk mengembangkan fasilitas lainnya, seperti penambahan garbarata, penggantian kursi di ruang tunggu, perpanjangan apron, dan penambahan chiller AC di ruang tunggu keberangkatan.
 
"Kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas bandara kami, sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan," ujarnya pula.
 
Pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti maskapai penerbangan, otoritas bandara, dan stakeholder lainnya, untuk memastikan bahwa semua fasilitas berfungsi dengan baik.
 
Dwi Muji juga menyampaikan bahwa Bandara APT Pranoto Samarinda memiliki beberapa rute penerbangan yang tersedia, yaitu Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, dan Makassar. Untuk rute Makassar, baru saja dibuka pada 3 Januari 2023, dengan menggunakan maskapai Super Air Jet.
 
"Kami sangat senang dengan adanya rute baru ini, karena ini menunjukkan bahwa bandara kami semakin diminati oleh masyarakat," ujar Dwi Muji.
 
Pihakmya juga memiliki rencana untuk membuka rute penerbangan ke Denpasar, yang akan menggunakan maskapai yang sama, yaitu Super Air Jet. Untuk harga tiket, akan disesuaikan oleh maskapai yang bersangkutan.
 
Dwi Muji berharap, dengan adanya rute penerbangan baru ini, Bandara APT Pranoto Samarinda dapat menjadi salah satu pilihan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali, atau sebaliknya.
 
Pengelola Bandara Samarinda mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pengembangan bandara di ibu kota Kaltim.
 
"Khususnya kepada para penumpang yang telah mempercayai kami sebagai salah satu pintu gerbang udara di Kalimantan Timur. Kami akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi penumpang Kaltim," ujar Dwi Muji.
Baca juga: Menhub ungkap pengalaman bangun Bandara APT Pranoto Samarinda
Baca juga: Bandara Samarinda melayani penerbangan perintis bersubsidi wilayah 3T

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024