Kami mengambil contoh harmonis dari Jakarta tentang rukunnya Masjid Agung Istiqlal yang terletak di sebelah Istana Merdeka dan Gereja Katedral (Katolik) juga Gereja Immanuel, itu kami adopsi di Kabupaten Jayapura,
Sentani (ANTARA) - Umat Muslim Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menggelar shalat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah di Masjid Agung Al-Aqsha Sentani pada Sabtu (22/4) 2023 Masehi.

Ketua Takmir Masjid Agung Al-Aqsha Sentani ustadz Nurdin Syanmas di Jayapura, Sabtu, mengatakan bahwa pelaksanaan shalat Idul Fitri digelar pada 40 titik pada wilayah ini.

“Untuk pelaksanaan shalat Iudl Fitri Masjid Agung Al-Aqsha sendiri yang datang kebanyakan jamaah masjid dan jamaah transit,” katanya.

Pihaknya lebih awal telah melakukan koordinasi dengan BMKG wilayah Papua, tentang perkiraan cuaca saat Idul Fitri serta mempersiapkan langkah antisipasi terhadap perubahan cuaca dan semua berjalan dengan sangat baik.

“Alhamdulilah, masjid kita tergolong besar dan dapat menampung sebanyak 2.500 hingga 3.000 orang jamaah, jadi ketika hujan mulai mengguyur Sentani kami melaksanakan shalat id di dalam masjid,” ujarnya.

Ia menjelaskan ibadah shalat id telah selesai dilaksanakan serta berjalan lancar, semoga menjadi berkah bagi semua orang karena banyak pihak yang terlibat untuk sukseskan pelaksanaan hari ini.

“Masjid kita ini bukan hanya kebanggaan umat Islam saja tetapi semua umat sehingga kami mempunyai slogan Masjid Agung Al-Aqsha Rukun (Keharmonisan rumah yang nyaman),” katanya.

Dia menambahkan bagi umat Muslim seluruh Indonesia khususnya Kabupaten Jayapura dan kabupaten lain di Papua, mari kita tingkatkan Ukhuwah Islamiah dan ukhuwah wathaniyah saling bergandengan tangan dengan sesama.

“Kami mengambil contoh harmonis dari Jakarta tentang rukunnya Masjid Agung Istiqlal yang terletak di sebelah Istana Merdeka dan Gereja Katedral (Katolik) juga Gereja Immanuel, itu kami adopsi di Kabupaten Jayapura,” demikian Nurdin Syanmas.

Baca juga: Muhammadiyah Jayapura-Papua gelar shalat id 1444 Hijriah

Baca juga: Selama libur Lebaran, semua puskesmas di Kabupaten Jayapura buka

Baca juga: Idul Fitri di Kabupaten Jayapura diwarnai gempa


Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023