Jakarta (ANTARA) - Pemerintah memprediksi puncak arus milir (balik ke hilir) Lebaran 2023 akan berlangsung pada tanggal 24-25 April serta 29-30 April dan 1 Mei 2023.
 

"Dari analisis yang kami dapatkan, puncaknya dimulai pada Senin tanggal 24 April, Selasa tanggal 25 April, lalu Sabtu 29 April, Minggu tanggal 30 April dan Senin tanggal 1 Mei," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai Rapat Koordinasi Persiapan Arus Balik Idul Fitri 2023 di Jakarta, Minggu.
 

Untuk itu, kata Menhub, pihaknya merekomendasikan agar pemudik menghindari perjalanan saat puncak arus milir guna menghindari potensi penumpukan kendaraan.
 

"Kami merekomendasikan agar masyarakat tidak melakukan perjalanan pada tanggal-tanggal yang telah disebutkan ," katanya.

Baca juga: 28.045 kendaraan ke luar Jakarta lewat Tol Ciawai arah Puncak

Baca juga: Puncak arus mudik Pelabuhan Feri rute Bombana-Muna Barat 20-21 April

 

Menhub menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menggencarkan sosialisasi terkait anjuran perjalanan tersebut.
 

Sosialisasi, kata dia, bertujuan untuk memberikan anjuran kepada masyarakat untuk memperhatikan waktu perjalanan guna memecah kepadatan puncak arus milir.
 

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menambahkan, PT Jasa Marga memprediksi bahwa ada 203 ribu kendaraan yang akan melakukan perjalanan pada tanggal 24-25 April 2023 menuju Jakarta dan sekitarnya.
 

"Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi secara masif, agar masyarakat, terutama mereka yang tidak terburu-buru, yang urusannya tidak terlalu mendesak, untuk bisa menunda jadwal kembali, agar menghindari penumpukan kendaraan," katanya.
 

Kendati demikian, bagi mereka yang tidak mungkin menunda, kata dia, maka tidak ada larangan untuk tetap melakukan perjalanan pada tanggal 24-25 April 2023.
 

"Tentu saja tidak ada larangan bagi mereka yang tidak mungkin menunda perjalanan kembali ke Jakarta dan sekitarnya," katanya.
 

Sementara itu, Menko PMK juga mengatakan bahwa arus mudik Idul Fitri atau Lebaran 2023 berjalan dengan sangat lancar.
 

"Berdasarkan pemantauan yang kami lakukan, semua moda transportasi pada saat mudik ini berjalan cukup lancar atau bahkan sangat lancar," katanya.
 

Terkait hal tersebut, Muhadjir menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mengerahkan daya dan upaya agar pelaksanaan arus milir dapat berjalan lancar.

Baca juga: Polda Jabar: Puncak arus mudik jalur selatan sudah terlewati

Baca juga: 3.000 mobil melintas di GT Cikupa pada puncak mudik Lebaran 2023

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023