Personel gabungan dari Polresta sebanyak 20 personel, Polsek lima, Polairud (Kepolisian Perairan Air dan Udara) 15, TNI dua personel, Brimob 10, dan Basarnas sebanyak delapan personel
Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota atau Polresta Kendari, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengungkapkan untuk menjamin keamanan pengunjung di Pantai Toronipa, pihaknya menempatkan 60 personel gabungan yang akan berpatroli di seputar kawasan wisata tersebut.

“Personel gabungan dari Polresta sebanyak 20 personel, Polsek lima, Polairud (Kepolisian Perairan Air dan Udara) 15, TNI dua personel, Brimob 10, dan Basarnas sebanyak delapan personel,” kata Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman di Kendari Selasa.

Ia menyebutkan kunjungan di Pantai Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe mencapai 2.500 orang per hari. Kunjungan tersebut meningkat pasca Idul Fitri 1444 Hijriah (H)/2023 Masehi (M).

“Jumlah pengunjung sekitar 2.500 orang dengan menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 250 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 300 unit,” kata Muhammad Eka Fathurrahman.
 

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)
 

Selain Pantai Toronipa, lanjutnya, pengamanan juga dilakukan di tiga objek wisata lainnya, yaitu Pantai Batu Gong dan Pulau Bokori, serta Pantai Nambo.

“Pantai Toronipa, Batu Gong, dan Pulau Bokori secara geografis masuk dalam Kabupaten Konawe, akan tetapi untuk wilayah hukumnya masuk dalam wilayah hukum Polresta Kendari,” ungkap Muhammad Eka Fathurrahman.

Kapolresta Kendari itu menjelaskan bahwa untuk jumlah pengunjung di Pulau Bokori ada sekitar 500 pengunjung dengan menggunakan kendaraan roda dua 30 unit dan kendaraan roda empat 50 unit.

“Untuk di Pantai Nambo, kami perkirakan ada sebanyak 350 pengunjung dengan menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 20 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 15 unit. Kalau di Pantai Batu Gong ada sekitar 50 pengunjung dengan menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 10 unit dan kendaraan roda empat sebanyak tujuh unit,” tambahnya.

Ia membeberkan bahwa untuk jumlah personel pengamanan di tiga wisata itu, antara lain Pulau Bokori sebanyak 23 personel, Pantai Batu Gong sebanyak 23 personel, dan Pantai Nambo sebanyak 43 personel.

“Jadi, untuk totalnya secara keseluruhan personel yang melakukan pengamanan di empat objek wisata itu ada sebanyak 151 personel gabungan,” katanya.

Baca juga: Polresta Kendari libatkan 175 personel dalam Operasi Ketupat 2023

Baca juga: Polresta Kendari dirikan 12 pos mudik lebaran

 

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023