Sampai saat ini terdata jumlah pengunjung mencapai 1.060 orang, 53 unit kendaraan roda empat, dan 277 unit kendaraan roda dua
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 37 personel mengamankan Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan pada hari keempat Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Personel yang kami terjunkan meliputi lima  personel Polsek Jagakarsa, 10 personel Samapta Polda Metro Jaya, 17 personel Pamdal, satu personel Intelkam Polda Metro Jaya, satu personel Koramil, dan tiga personel Palang Merah Indonesia," kata Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra saat dihubungi, di Jakarta, Selasa.

Personel gabungan tersebut mengamankan sejumlah titik wisata di UPK PBB Setu Babakan yang meliputi Kampung M.H. Thamrin, Zona Embrio, Museum Betawi, Portal 13, dan Portal Teladan.

Adapun giat pengamanan tersebut dimulai dari penjagaan, patroli menggunakan kendaraan roda dua maupun empat, hingga patroli jalan kaki. 

"Sampai saat ini terdata jumlah pengunjung mencapai 1.060 orang, 53 unit kendaraan roda empat, dan 277 unit kendaraan roda dua," tambahnya.

Menurut keterangan personel yang berjaga, sampai saat ini belum ada laporan kehilangan maupun anak terpisah dari orang tua.

Sebelumnya, UPK PBB Setu Babakan mencatat pada Senin (24/4) atau hari ketiga lebaran jumlah pengunjung mencapai 2.056 orang.

UPK PBB Setu Babakan di Jakarta Selatan menyediakan sejumlah mobil dan sepeda listrik bagi para pengunjung untuk memudahkan mobilitas selama berwisata.

"Kami menyediakan sebanyak lima unit sepeda listrik dan empat unit mobil mini (buggy car)," kata Hubungan Masyarakat (Humas) UPK PBB Setu Babakan Risma Nabella saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Nabella mengatakan, dengan adanya layanan kendaraan berbahan bakar listrik ini masyarakat bisa semakin tertarik mengunjungi serta mempelajari budaya Betawi di tempat wisata tersebut.

Bagi yang tertarik memakai mobil dan sepeda listrik nantinya dikenakan tarif menyewa sesuai rute maupun waktu per jam.

"Sewa mobil dikenakan Rp75 ribu dengan rute ke Kampung Ismail Marzuki sekaligus Rp50 ribu dengan rute Portal Teladan balik halte, dan sewa sepeda dikenakan Rp20 ribu per jam," katanya.

Melalui akun Instagram @upkpbb_setubabakan, pada Sabtu (29/4) akan memperingati Hari Tari Sedunia dengan tema "Perkampungan Budaya Betawi" pukul 09.00 hingga 15.00 WIB secara gratis alias tidak dipungut biaya.
Baca juga: Lebih mengenal budaya Betawi di Kampung Betawi Setu Babakan
Baca juga: Omzet menjanjikan dari merawat budaya di rumah produksi ondel-ondel
Baca juga: Lenong Puja Betawi bawakan lakon "Setan" di Setu Babakan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023