Kepastian empat nama yang akan bertanding nanti akan dipastikan sepuluh hari menjelang pertandingan untuk Piala Davis sementara untuk tim Piala Fed belum ditentukan pastinya kapan,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP PELTI) telah menyiapkan tim Indonesia yang memperkuat Piala Davis dan Fed yang akan berlaga pada awal Februari 2013 mendatang.

Sebanyak delapan nama masing-masing telah disiapkan untuk nantinya akan kembali disaring menjadi empat nama, baik untuk turnamen tenis klasik beregu putra internasional Piala Davis yang akan berlangsung pada 1-3 Februari di Jepang dan turnamen beregu Piala Fed pada 4-10 Februari di Kazakstan.

"Kepastian empat nama yang akan bertanding nanti akan dipastikan sepuluh hari menjelang pertandingan untuk Piala Davis sementara untuk tim Piala Fed belum ditentukan pastinya kapan," kata Ketua Umum PP PELTI periode 2012-2017, Wibowo Suseno Wirjawan atau lebih dikenal dengan Maman Wirjawan, saat jumpa pers di kantor PELTI, Kamis.

Delapan tim Piala Davis Indonesia masih diperkuat beberapa nama lama yang sebelumnya telah membawa Indonesia masuk ke Grup 1 Zona Asia Oceania ditambah beberapa nama baru, antara lain Christopher Rungkat, Wisnu Adi Nugroho, Elbert Sie, David Agung Susanto, Indra Wijaya, Ekky Hamzah, Nesa Artha, dan Hendri Susilo.

Mereka akan digembleng oleh mantan petenis nasional, Bonit Wirjawan, yang sebelumnya juga telah memegang tim Piala Davis Indonesia.

Sebelumnya, Tim Piala Davis Indonesia berhasil masuk ke Grup 1Zona Asia Oceania pada babak penentuan setelah membukukan Filipina dengan skor 3-1 di Stadion Tenis Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Minggu (16/9) lalu.

Pada pertandingan nanti Indonesia akan ditantang tim Jepang yang diatas kertas lebih unggul dari Indonesia.

"Kita tahu Jepang pemainnya cukup bagus, kalau dari rangking kita memang masih kalah. Tetapi saya selalu bilang ke atlet harus tetap optimistis," ujar Bonit.

Tim Piala Davis akan mulai latihan menjelang satu bulan keberangkatan kecuali Christopher Rungkat yang akan berlaga di turnamen Grand Slam Australia Terbuka pada 7 Januari nanti.

Bonit menargetkan agar setidaknya dapat mempersulit langkah tim Jepang. "Mudah-mudahan kita masih bisa bertahan di grup 1 meskipun itu memang tidak mudah," tambahnya.

Sementara itu, Tim Piala Fed Indonesia yang akan dilatih oleh mantan petenis nasional, Suharyadi, terdiri dari Ayu Fani Damayanti, Lavinia Tananta, Atena Natalia, Aldila Suciadi, Vita Taher, Jessy Rompies, Voni Darlina, dan Temy Grende. Mereka akan bertanding di Kazakstan bertepatan dengan musim dingin 

"Kita akan mulai latihan secepatnya dan berencana berangkat awal untuk adaptasi atau memilih tempat latihan sebelumnya di daerah yang dingin," kata Suharyadi yang juga menilai Kazakstan sebagai lawan yang cukup kuat.

Untuk Tim Piala Fed, Indonesia saat ini masih berada di Grup II. "Semoga bisa lolos ke Grup I," tambah Suharyadi.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012