Biasanya yang tampil di Piala KASAD itu memang secara umum mewakili perguruan masing-masing. Hanya saja kita dari Forki Sulsel juga akan tetap menyiapkan karateka terbaik mengingat banyaknya atlet potensial yang kita miliki,"
Makassar (ANTARA News) - Tim Karateka Sulawesi Selatan siap tampil pada kejuaraan nasional karate Piala KASAD XI di Batam, 25 Februari- 5 Maret 2013.

Pelatih karate Sulsel Mursalim Badoo di Makassar, Kamis, mengatakan, siap menurunkan sejumlah atlet andalannya, termasuk karate yang saat ini menjalani Pelatnas. Pihaknya juga berkomitmen untuk kembali meraih hasil terbaik pada kejuaraan tersebut.

"Biasanya yang tampil di Piala KASAD itu memang secara umum mewakili perguruan masing-masing. Hanya saja kita dari Forki Sulsel juga akan tetap menyiapkan karateka terbaik mengingat banyaknya atlet potensial yang kita miliki," jelasnya.

Terkait pencapaian karateka Sulsel di Piala KASAD, menurut dia, cukup baik. Sejumlah atlet yang saat ini masih memperkuat Sulsel juga sukses mempersembahkan medali emas.

Selain mempersiapkan diri menghadapi Piala KASAD 2013, Forki Sulsel juga tengah fokus untuk menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) untuk menentukan kepengurusan baru. Agenda Musda Forki Sulsel direncanakan setelah pelaksanaan pemilihan Gubernur Sulsel, 22 Januari 2013.

Pihaknya juga berharap kepengurusan yang baru nanti semakin meningkatkan prestasi karateka Sulsel baik ditingkat nasional hingga internasonal.

"Kita masih konsisten sebagai penyumbang atlet bagi Indonesia di sejumlah kejuaraan dunia. Mudah-mudahan hal itu bisa tetap dipertahankan," katanya.

Prestasi karateka Sulsel sejauh ini memang cukup membanggakan. Hal itu bisa dilihat saat berhasil merebut tujuh medali saat tampil di Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) ASEAN XVI di Viantine, Laos, 12-20 Desember 2012.

Hasil terbaik juga dipersembahkan para karate junior saat berlaga di kejuaraan KOI Open Karate Championship, di Kuala Lumpur, Malaysia, 12-17 Desember 2012.

Empat dari delapan emas yang berhasil diraih tim Indonesai masing-masing dipersembahkan Arya Permadha (kumite 61 kg kadet), Ifka Widyasari (junior putri 47 kg), Magfira Syamsualam (kata junior putri), serta Krisda yang turun di kelas kata cadet putri.

Selain empat emas, karateka Sulsel juga berhasil merebut satu perak melalui Muhammad Fadel pada kumite junior kelas 55 kg.

(KR-MH/F003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012