Jakarta (ANTARA) - Pos Pelayanan (Posyan) Lebaran 2023 di Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, menyiagakan 47 personel gabungan untuk mengamankan kedatangan para pemilir (warga pelaku perjalanan arus balik) pada arus balik Lebaran tahun ini.

“Untuk rincian pos pelayanan Terminal Kalideres terdiri dari 47 personel dari Polda, Satuan Brimob, Polsek, Intelkam Polda, Krimsus Polda, sama Senkom,” ujar PA Posyan Ipda Tri Hari Wibowo di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Selasa.

Dia menyebut bahwa jumlah personel gabungan di Posyan Lebaran 2023 di Terminal Kalideres tersebut tidak mengalami penambahan, baik pada saat momentum sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Adapun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kata dia, hanya sebatas melakukan kontrol wilayah saja dan tidak termasuk bagian dari 47 personel gabungan tersebut.

Hari menyebut sejauh ini situasi di Terminal Kalideres terpantau aman dan kondusif, serta belum terdapat laporan terkait tindak kriminal.

“Untuk sementara sampai saat ini untuk kejadian kecopetan ataupun hal lain sampai saat ini tidak ada,” ucapnya.

Untuk menjaga keamanan di wilayah sekitar Terminal Bus Kalideres, kata Hari, personel gabungan yang bersiaga tersebut melakukan patroli secara rutin.

“Patroli lakukan secara acak ya, bisa satu jam sekali, dua jam sekali. Ya, mengikuti daripada situasi saja,” jelasnya.

Dia pun mengimbau para pemilir yang tiba di bus Terminal Bus Kalideres untuk selalu menjaga barang bawaannya dan waspada terhadap berbagai modus kejahatan.

“Kita dialog langsung dengan para penumpang ataupun sopir dan pemilik PO (bus) agar tidak mudah terpancing atau terkena dari kejahatan yang (sekiranya) ada di Terminal Kalideres,” tuturnya.

Hari menambahkan pihaknya sejauh ini belum memiliki rencana penambahan personel ataupun pengamanan ekstra dalam menangani puncak arus balik Lebaran ini.

“Untuk saat ini belum ada,” ucapnya.

Dia menjelaskan bahwa Posyan Lebaran 2023 di Terminal Bus Kalideres yang beroperasi selama 24 jam itu mulai berlaku dari 17 April hingga 1 Mei 2023.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023