Depok (ANTARA) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok Elly Farida menilai Dekranasda memiliki  peran penting dalam memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Dalam menjalankan peran penting tersebut, kami secara masif membantu pergerakan UMKM, baik di tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan. Upaya yang dilakukan, mulai dari bazar sampai peningkatan kualitas dengan pelatihan atau workshop secara rutin," kata Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida di Depok, Rabu.

Untuk itu, katanya perlu dilakukan berbagai kolaborasi, diantaranya dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM). Sebab dari berbagai bazar yang digelar, memperlihatkan bahwa para UMKM terus berusaha untuk meningkatkan kualitasnya.

Ia mencontohkan seperti acara Sarasehan Istri Wali Kota Se-Indonesia di Jambi beberapa waktu lalu yang merupakan rangkaian dari kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (APEKSI), ternyata luar biasa di luar dugaan. Produk fashion yang ditampilkan oleh teman-teman UMKM laku keras.

"Ini satu upaya yang bisa dilakukan dalam meningkatkan omzet dari sisi pengusaha dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Dekranasda," ucapnya.

Tak hanya itu, terdapat juga kegiatan lain seperti, pemasaran melalui pameran, bazar dan fashion show bekerja sama dengan desainer profesional. Kemudian juga, optimalisasi Gedung Dekranasda Depok dan Alun-alun Kota Depok sebagai galeri atau gerai untuk menampilkan produk-produk UMKM.

"Alhamdulillah, kita pun juga berusaha untuk melihat dari sisi-sisi humanis. Dekranasda melakukan kerja sama dan memberdayakan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) serta penyintas KDRT," katanya.

Pihaknya juga terus melakukan upaya pemasaran melalui platform online. Termasuk, mendorong pelaku UMKM agar bisa membuka peluang pasar dengan melibatkan berbagai pihak.

Dekranasda Depok juga telah menjalin kerja sama dengan brand-brand yang sudah cukup terkenal. Salah satunya Uniqlo. Mereka memberikan ruang bagi UMKM memamerkan produk di gerai-gerainya.

"Ada di TSM (Trans Studio Mall Cibubur), The Park Sawangan, Margo City, ternyata mereka juga enggak kalah saing dan enggak kalah hebat. Ini menunjukkan Depok memiliki berbagai kreasi yang unik dan kualitas produk yang bagus," jelasnya.

Untuk permodalan, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan beberapa bank guna memfasilitasi para pelaku UMKM. Selain itu, juga ada Permodalan Nasional Madani (PNM) yang siap membantu para UMKM.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023