ini adalah kunjungan rutin ke mitra
Makassar (ANTARA) - Awal aktivitas kerja di lingkup ASN dan karyawan swasta, jajaran BPJAMSOSTEK Makassar mengunjungi RS Siloam.

"Ini adalah kunjungan rutin ke mitra setelah melakukan tanggap layanan BPJAMSOSTEK di Makassar yang disiagakan saat libur lebaran maupun sesudahnya," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan/BP Jamsostek Ishak di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, penyiagakan tanggap layanan saat libur nasional khususnya pasca lebaran Idul Fitri untuk mengantisipasi layanan berkaitan dengan risiko kecelakaan dalam hubungan kerja.

Dia mengatakan, dari hasil kunjungan ke Rumah Sakit di Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) pasca libur lebaran diketahui, saat libur nasional terkait hari raya masih terdapat beberapa pekerja yang tetap bekerja.

Pekerja tersebut khususnya yang berkaitan dengan sektor pelayanan publik seperti petugas kesehatan, pekerja transportasi, tenaga pengamanan, mall dan pasar, dan lainnya yang rentan atas kecelakaan kerja saat melaksanakan tugas atau pekerjaannya.

Baca juga: Sosialisasi perlindungan sosial, BPJAMSOSTEK gandeng "Bengkel Mania"
Baca juga: BPJAMSOSTEK datangi pekerja informal sosialisasi perlindungan dasar


Karena itu, lanjut dia, pihaknya turut fokus memberikan perhatian layanan BPJS Ketenagakerjaan untuk tetap memberikan pelayanan terbaiknya, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran negara melalui program jaminan sosial khususnya di bidang ketenagakerjaan saat masyarakat membutuhkannya.

"Saat libur nasional perlu dioptimalkan pelayanan dan koordinasi dengan rumah sakit pusat layanan kecelakaan kerja yang terus kita tingkatkan komunikasinya, guna memastikan setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan dalam hubungan kerja dipastikan terlayani dengan baik.

Dia mengatakan, saat ini hampir semua rumah sakit di Kota Makassar dan kabupaten/kota di Sulsel sudah bekerja sama sebagai rumah sakit Pusat Layanan Kecelakaan Kerja, baik milik pemerintah maupun swasta.

Termasuk kejadian kebakaran di salah satu pusat perbelanjaan di Makassar kemarin sampai siang tadi belum mendapat informasi dari pihak rumah sakit yang melaporkan kejadian kecelakaan kerja.

"Pemantauan ini termasuk saat kunjungan inspeksi kami hari ini di Rumah Sakit Siloam," jelas Ishak.

Data BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar mencatat jumlah kepesertaan di Sulsel sekitar 1,2 juta pekerja telah terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan meliputi pekerja sektor formal atau penerima upah, dan pekerja mandiri atau pekerja bukan penerima upah, termasuk pekerja harian yang bekerja pada sektor jasa konstruksi.

Baca juga: BPJAMSOSTEK: Tidak ada pungutan dalam pencairan Jaminan Hari Tua
Baca juga: PSSI gandeng BPJAMSOSTEK lindungi ratusan wasit dari risiko kerja
Baca juga: Penjual soto baru jadi peserta, suaminya terima santunan BPJAMSOSTEK

 

Suasana kunjungan dan peninjauan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Makassar Ishak Iskandar (kanan) di RS Siloam Makassar, Rabu (26/4/2023). ANTARA/ HO- BPJAMSOSTEK

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023