Pendidikan gratis ini harus tepat sasaran seperti untuk masyarakat kurang mampu dan kami pun terus mengupayakan agar cita-cita ini tercapai
Sukabumi (ANTARA News) - Calon Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf menjanjikan pendidikan gratis hingga tingkat SMA di Jawa Barat, jika dirinya terpilih sebagai kepala daerah pada 2013.

"Salah satu misi dan visi kami di bidang pendidikan yakni menggratiskan biaya pendidikan hingga tingkat SMA sederajat. Ini merupakan progam utama kami, untuk meningkatkan kualitas pendidikan Jabar bisa menjadi yang terdepan," kata Dede kepada ANTARA di Sukabumi, Minggu.

Menurut cagub yang berpasangan dengan Lex Laksamana ini, program pendidikan gratis ini bertujuan agar pendidikan masyarakat di Jabar minimal SMA/sederajat.

Dede mengatakan, pendidikan itu sangat mempengaruhi sektor lain di bidang kesejahteraan, seperti kesehatan, dan tenaga kerja.

"Maka dari itu, pendidikan gratis hingga SMA sederajat sangat penting untuk masa depan warga Jabar, dan untuk pengalokasian dari APBD harus ada penambahan," kata Dede yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jabar.

Selain meningkatkan program pendidikan gratis, Dede juga berwacana ingin menambah dan membangun sekolah-sekolah, khususnya untuk warga pelosok.

Ia mengatakan pendidikan yang berkualitas juga harus ditopang ruang kelas yang nyaman serta tenaga pengajar yang bagus agar kegiatan belajar mengajar berlangsung maksimal dan murid dengan mudah menyerap pelajaran.

"Jika saya terpilih nanti sudah pasti agenda kerja pertama saya membenahi dunia pendidikan di Jabar yang saat ini juga sudah baik, tetapi masih ada perlu yang harus diperbaiki. Dunia pendidikan sangat berpengaruh kepada bidang kesejahteraan lainnya, karena salah satu daerah terus dikatakan maju dilihat dari kualitas pendidikannya," kata Dede.

(KR-ADR/S023)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2012