Jakarta (ANTARA) - Bagi sebagian orang, mewarnai rambut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penampilan sehingga mereka bisa lebih percaya diri.

Jika Anda juga senang mewarnai rambut atau baru ingin memulai mewarnai rambut, cobalah untuk gunakan warna-warna pastel, dari merah muda cerah, lavender, hingga blue mist.

Dengan banyaknya selebritas yang mencoba tren warna rambut pastel seperti Megan Fox, Lizzo, dan Dua Lipa, dijamin bahwa Anda tidak akan ketinggalan zaman. Berikut rekomendasi warna pastel untuk rambut agar penampilan Anda lebih segar, sebagaimana disiarkan Popsugar, Rabu (26/4).

Baca juga: Kenali "skin tone" sebelum pilih warna rambut "Smoky Hair"

Pertama, merah muda. Warna ini mungkin merupakan warna pastel yang paling klasik. Merah muda akan tampak bagus pada semua warna dasar, dari pirang hingga cokelat tua.

Anda juga bisa menggunakan warna mint. Tercipta dari persilangan antara biru dan hijau, warna mint akan membuat penampilan Anda menonjol.

Coba juga untuk menggunakan warna hijau pastel yang seringkali terlupakan. Minta bantuan ahli untuk menentukan rona warna yang paling sesuai dengan warna kulit Anda.

Pilihan lainnya adalah warna pastel abu-abu perak (silver-gray) dengan sedikit warna ungu, sangat cocok dipadukan dengan warna dasar hitam. Jika Anda menyukai warna ungu, pilihlah ungu pastel seperti lavender dan lilac.

Saat memilih cat rambut berwarna pastel, hair color specialist Aura Friedman mengingatkan bahwa ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu kepada ahlinya. Selain itu, perlu dicatat bahwa warna pastel rentan pudar daripada warna lainnya.

"Jika Anda memiliki rambut hitam alami yang diwarnai menjadi merah muda misalnya, warnanya akan memudar menjadi pirang dalam enam minggu, tergantung seberapa sering Anda mencuci rambut," katanya.

Meski begitu, Friedman mengatakan ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar warna bisa bertahan lebih lama, di antaranya pastikan menggunakan produk yang aman dan lakukan perawatan deep conditioning seminggu sekali.

Baca juga: Alasan rambut lebih baik dicat dengan bahan "plant-based"

Baca juga: Tips merawat rambut yang diwarnai agar tak cepat pudar

Baca juga: Tingginya kandungan metal sebabkan pewarnaan rambut tidak maksimal

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023