hari ini terpantau lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang
Tanjungpandan (ANTARA) - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra memantau arus balik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah di Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung guna memastikan pelayanan yang dilakukan berjalan aman, lancar dan selamat.

"Situasi arus balik Idul Fitri di Pelabuhan Tanjungpandan hari ini terpantau lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang yang akan menggunakan jasa kapal penyeberangan dari Pulau Belitung menuju Pulau Bangka maupun sebaliknya," kata Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra di Tanjungpandan, Jumat.

Ia mengatakan, jumlah penumpang yang kembali normal hari ini banyak dipengaruhi karena sebagian warga telah melakukan perjalanan balik lebaran beberapa hari yang lalu.

Dalam kunjungan ke lokasi itu, Kapolda Babel bertemu langsung dengan sejumlah calon penumpang yang akan menyeberang menggunakan kapal cepat menuju Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang.

Baca juga: Polres Bangka Barat siapkan bus bantu warga di Pelabuhan Tanjungkalian
Baca juga: H+3, penumpang di Bandara Pangkalpinang capai 4.098 orang

Sejauh ini , kata dia, pelayanan arus mudik dan arus balik sudah cukup baik, seluruh warga yang ingin melakukan perjalanan ke luar daerah bisa terfasilitasi dengan baik, lancar dan aman.

Kelancaran arus mudik dan arus balik ini juga berkat kerja sama seluruh elemen dan instansi gabungan yang memberikan pelayanan selama ini, serta dukungan masyarakat yang dinilai sangat baik.

Beberapa diantara penumpang mengaku dukungan aparat gabungan baik dari unsur kepolisian TNI dan instansi terkait memiliki pengaruh besar dalam menunjang kelancaran pergerakan masyarakat.

Tim gabungan melakukan pengamanan dan pelayanan untuk menunjang kelancaran perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah, dalam Operasi Ketupat Menumbing yang akan berakhir hingga 1 Mei 2023, Polda Babel melibatkan ribuan aparat gabungan yang tersebar di seluruh wilayah.

Baca juga: Tes acak COVID-19 diberlakukan bagi pemudik balik di Belitung-Babel

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023