Trenggalek, Jawa Timur (ANTARA) - Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata pantai di kawasan pesisir Trenggalek, Jawa Timur mengalami peningkatan tajam selama libur Lebaran 2023, jauh berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya karena terdampak pandemi COVID-19.

"Angka kunjungan rata-rata meningkat hampir lima kali lipat dibanding biasanya," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Surjono di Trenggalek, Jumat.

Ia mencontohkan angka kunjungan wisatawan di Pantai pasir Putih Karanggongso yang paling ramai dibanding objek wisata pantai lain, yakni angka rata-rata kunjungan wisatawan mencapai 4.000 orang per hari, bahkan lebih.

Jumlah itu disebut Surjono sangat jauh jika dibanding pada hari biasa yang di kisaran 500-1000 orang.

Pada libur Lebaran dua tahun lalu yang masih dalam suasana pandemi, angka kunjungan drop hingga di kisaran 1.500 per hari, bahkan sempat kurang, tambahnya.

Apalagi saat ini akses masyarakat menuju wisata wilayah pesisir kian mudah setelah pemerintah membuka jalur lintas selatan untuk keperluan mudik Lebaran. Kondisi itu turut berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan di pantai pesisir selatan.

Baca juga: Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya buka selama libur Lebaran

Baca juga: Libur Lebaran 500 ribu orang diprediksi padati wisata Pesisir Selatan


"Dari pantauan petugas gabungan, terpantau banyak wisatawan yang menggunakan jalur lintas selatan. Selain Pantai Pasir Putih, Pantai Mutiara dan Prigi juga mengalami peningkatan jumlah kunjungan," katanya.

Dengan banyaknya wisatawan yang datang, pihaknya melakukan pengetatan pengawasan di sekitar pantai. Selain itu untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung di Pantai Pasir Putih, pihaknya juga mengalihkan sebagian pengunjung yang ingin berwisata ke Pasir Putih ke pantai lain di sekitarnya.

"Langkah ini dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan para wisatawan. Selain itu kami juga mengimbau kepada para wisatawan untuk selalu berhati-hati dan waspada serta mematuhi imbauan dan arahan petugas," katanya.

Pemandangan yang indah serta fasilitas yang lengkap menjadi salah satu alasan sehingga Pantai Pasir Putih selalu jadi jujukan favorit para wisatawan.

Selain itu ombak yang tengah menjadi nilai plus sehingga pantai itu ramah untuk dikunjungi. Pasalnya tak sedikit anak-anak meminta untuk bermain air saat berwisata, sehingga lokasi itu dianggap relatif aman jika dibandingkan dengan yang lainnya, ujarnya.

"Ombaknya tenang sehingga sangat cocok untuk main-main anak kecil. Pantainya juga masih alami," kata Agus Kurniawan, pengunjung asal Bogor Jawa Barat.

Baca juga: Warga bantu pemerintah sisir sampah di Pantai Ujung Pandaran

Baca juga: Tim Respons Cepat Jabar pantau tempat wisata pantai saat libur Lebaran

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023