Sleman (ANTARA) - Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar roadshow 14 kota event musik Birukan Langit Indonesia Stage (BLIS) yang diawali di Stadion Internasional Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu malam.

Pada gelaran pertama event BLIS di Satdion Maguwoharjo menampilkan Denny Cak Nan dan Mr Jono & Joni tersebut dihadiri langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan didampingi Ketua Dewan Kehormatan PAN DIY Sri Purmomo.

Zulkifli Hasan yang juga Menteri Perdagangan Republik Indonesia menyampaikan event ini bukan hanya sajian konser musik. Melainkan juga untuk mendorong misi bangga produk lokal atau UMKM kepada generasi muda.

"Melalui konser ini kita membawa misi besar yakni bangga produk lokal. Sebagai anak bangsa sudah sepatutnya kita menghargai, mengenali dan membeli produk buatan bangsa sendiri," katanya.

Menurut dia, produk UMKM yang ditampilkan dalam event tersebut merupakan gabungan produk terbaik dari empat kabupaten dan satu kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Dengan membeli produk lokal, tidak hanya sekadar meningkatkan perekonomian UMKM namun juga merupakan bentuk dukungan terhadap perkembangan industri dalam negeri," katanya

Ia mengatakan, kegiatan sosial seperti ini harus semakin banyak. Dengan menggandeng anak muda, perlu buatkan ruang-ruang aktualisasasi yang sehat, damai, menyenangkan dan akomodatif terhadap aspirasi anak-anak muda.

"Gerakan ini juga selaras dengan kampanye pemerintah untuk mewujudkan kemandirian ekonomi melalui sektor usaha mikro, kecil dan menengah," katanya.

Ketua Dewan Kehormatan PAN DIY Sri Purmomo mengatakan kegiatan BLIS di Sleman ini diharapkan bisa mendongkrak minat dan kebanggaan generasi muda terhadap produk lokal mengingat saat ini Pemerintah Kabupaten Sleman tengah mendorong UMKM Go Digital bagi 90.574 UMKM di Sleman.

"Digelarnya acara BLIS di Kabupaten Sleman ini menjadi ruang promosi bagi UMKM di Yogyakarta untuk naik kelas. Sehingga bisa menambah penghasilan buat para UMKM setempat," katanya.

Baca juga: PAN hormati keputusan PPP dukung Ganjar Pranowo
Baca juga: Pengamat: Golkar dan PAN tak mungkin bersikap jadi tandingan PDIP
Baca juga: KIB tegaskan koalisi solid usai PPP umumkan Ganjar

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023