Hari ini diperkirakan puncak arus balik. Tadi sampai jam 07.00 WIB sudah sampai 3.178 pemudik balik yang sampai
Jakarta (ANTARA) - Terminal bus Kalideres, Jakarta, mengantisipasi puncak arus milik yang diperkirakan akan terjadi pada hari ini, Minggu (30/4), atau H+7 Lebaran 2023.

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen mengatakan sampai pukul 07.00 WIB sebanyak 3.178 pemilir telah tiba di Terminal Kalideres yang dibawa oleh 159 bis.

"Hari ini diperkirakan puncak arus balik. Tadi sampai jam 07.00 WIB sudah sampai 3.178 pemudik balik yang sampai," katanya ditemui di Terminal Kalideres, Jakarta, Minggu.

Baca juga: Terminal Kalideres siapkan 10 unit Amari untuk arus balik

Ia mengatakan bis-bis pemilir yang tiba berasal dari Padang, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali serta Nusa Tenggara.

Untuk mengantisipasi arus balik, dibantu pihak Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Terminal Kalideres menyediakan pos pelayanan terpadu.

"Mereka bertugas, pertama, melakukan patroli di sekitar kawasan terminal, melakukan pengawasan terhadap penumpang yang turun dari bis, dan pengawasan ketika mereka menunggu jemputan," katanya.

Terminal Kalideres juga menyediakan posko kesehatan yang melakukan pemeriksaan pengemudi bis secara rutin, termasuk melakukan tes urin bagi pengemudi bis.

"Kita juga ada pos kesehatan untuk umum. Kita menyiapkan tim medis, unit gawat darurat, dan ambulans yang bekerja 24 jam," katanya.

Sebanyak 10 angkutan malam hari (amari) juga disediakan di Terminal Kalideres dengan tujuan Bundaran Hotel Indonesia (HI) bagi pemilir yang tiba pada pukul 24.00 WIB sampai 05.00 WIB dan tidak dijemput.

"Biasanya Trans Jakarta hanya sampai jam 22.00 WIB, ini diperpanjang sampai pukul 24.00 WIB pagi. Kemudian dari 24.00 WIB sampai 05.00 WIB pagi dibantu amari dan angkutan dalam kota, Mayasari Bhakti, angkot, dan Jak Lingko," imbuhnya.

Baca juga: Terminal Kalideres melepas petugas PMI Jakbar

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023