Jakarta (ANTARA) - Rumah mode Gucci akan memamerkan koleksi terbarunya berupa cruise collection edisi 2024 di depan Geunjeongjeon, yang merupakan bangunan utama dari Istana Gyeongbok, Seoul, Korea Selatan.

Bangunan bersejarah Geunjeongjeon pernah digunakan sebagai bangunan utama untuk penyelenggaraan upacara kerajaan besar dan tempat untuk menerima utusan asing selama Dinasti Joseon (1392-1910).

Mengutip Yonhap, disiarkan Jumat (28/4) waktu setempat, peragaan busana itu akan diselenggarakan pada 16 Mei mendatang. Acara ini mulanya direncanakan digelar pada 1 November 2022, namun dibatalkan setelah terjadinya tragedi perayaan Halloween di Itaewon pada 29 Oktober 2022 yang menewaskan 159 korban jiwa.

Baca juga: Gucci tunjuk direktur kreatif baru Sabato De Sarno

Melalui sebuah pernyataan, CEO Gucci Marco Bizzarri mengatakan bahwa pihaknya memilih Istana Gyeongbok sebagai lokasi peragaan busana untuk koleksi terbaru milik rumah mode itu mengingat bangunan memiliki nilai sejarah dan memberikan inspirasi untuk masa depan.

Tak hanya menggelar pertunjukan busana di tempat tersebut, Gucci mengatakan pihaknya juga berencana mensponsori otoritas warisan budaya Seoul selama tiga tahun untuk membantu melestarikan istana kerajaan.

Baca juga: Pria dengan rok menjadi tren di 2023

"Saya berharap kolaborasi dengan Gucci akan menjadi kesempatan bagi orang-orang di seluruh dunia untuk melihat pesona Istana Gyeongbok yang sesungguhnya, di mana masa lalu dan masa kini hidup berdampingan," kata Kepala Administrasi Warisan Budaya Korea Selatan Choi Eung-chon, sebagaimana laporan Yonhap.

Baca juga: Gucci akan gelar peragaan busana di Istana Gyeongbok, Korea Selatan

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023