Jakarta (ANTARA) -
Setelah hampir satu dekade penuh nostalgia di Gucci, era pragmatisme baru telah tiba di bawah direktur kreatif baru Sabato de Sarno.

Gucci mengungkap koleksi pakaian pria pertamanya di pekan mode Milan 2024, Jumat sore (12/1), waktu setempat, setelah debut pakaian wanita pada September, menurut laporan The Guardian. Estetika Gucci karya de Sarno merupakan perubahan yang mencolok dari glamor pendahulunya Alessandro Michele, yang mendominasi sebagian besar paruh kedua tahun 2010-an.

De Sarno menghadirkan pakaian yang lebih sensual yang terdiri dari setelan rapi yang menampilkan monogram Gucci, kemeja satin tanpa kancing, dan pakaian rajut tebal yang dikenakan dengan patent peacoat, trench coat dan jaket bomber satin.

Baca juga: Gucci tunjuk direktur kreatif baru Sabato De Sarno

Gucci juga menghadirkan sentuhan kilauan pada celana panjang, rompi, dan kalung berhiaskan berlian.
 
"Ini adalah kisah tentang kegembiraan hidup, tentang gairah, tentang kemanusiaan, tentang orang-orang, tentang kehidupan nyata, tentang glamor yang tidak sopan, tentang provokasi, tentang kepercayaan diri, tentang kesederhanaan, tentang perasaan dan emosi langsung, tentang jenis seni tertentu, tentang kata-kata,” kata de Sarno saat pertunjukan busana itu.
 
Meskipun Michele terkenal mengaburkan stereotip biner dengan koleksinya yang menampilkan pakaian pria dan wanita secara bersamaan, de Sarno kembali menampilkannya pada waktu yang berbeda dalam setahun, meskipun dengan sentimen yang sama.

De Sarno mendeskripsikan koleksi itu sebagai "kisah tentang musik dan jalan-jalan malam, tentang keringat, tarian, dan nyanyian. Ini adalah kisah tentang keluarga, tentang ciuman, banyak sekali ciuman".
 
Gucci sedang dalam proses membangun kembali citra diri setelah kepergian Michele pada tahun 2022 dan CEO Marco Bizzarri tahun lalu, yang secara kolektif mengarahkan perusahaan menuju penjualan hampir 10 miliar euro atau sekitar Rp170 triliun antara tahun 2015 dan 2022.
 
Di bawah CEO sementara yang baru Jean-François Palus, Gucci melakukan restrukturisasi operasinya, termasuk rencana untuk memindahkan sebagian besar studio desainnya dari Roma ke Milan yang mengakibatkan protes dari staf pada bulan November dan pemogokan pertama oleh para profesional kreatif pada tahun ke-102 Gucci berdiri.

Baca juga: Tim desain Gucci mogok kerja terkait relokasi studio desain di Italia

Baca juga: Gucci akan tampilkan cruise collection saat show di Istana Gyeongbok

Baca juga: Fringes dominasi peragaan busana Prada dalam Milan Fashion Week

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024